Show simple item record

dc.contributor.advisorMUJI
dc.contributor.advisorWIDJAJANTI, Anita
dc.contributor.authorLESMANASARI, Diah
dc.date.accessioned2018-03-22T03:53:04Z
dc.date.available2018-03-22T03:53:04Z
dc.date.issued2018-03-22
dc.identifier.nimNIM130210402032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84824
dc.description.abstractEksposisi adalah tulisan yang bertujuan untuk menjelaskan atau memberikan informasi tentang sesuatu. Melalui tulisan eksposisi, siswa dapat menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian atau pristiwa sehingga menambah pengetahuan pembaca. Penelitian ini menarik karena dalam karangan siswa terdapat banyak terjadi kesalahan dalam tataran ejaan. Hal tersebut dapat dijadikan acuan pada guru saat mengajarkan materi menulis karangan agar siswa dapat mengingat dan memahami bagaimana pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan penulisan unsur serapan secara tepat. Berdasarkan alasan tersebut, permasalahan penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah bentuk kesalahan berbahasa tataran ejaan dalam karangan eksposisi siswa kelas X TKJ SMKN 2 Jember? (2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa tataran ejaan dalam menulis karangan eksposisi siswa kelas X TKJ SMKN 2 Jember? Manfaat penelitian ini yaitu, (1) Bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ SMK, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif pengembangan materi pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya ejaan, (2) Bagi mahasiswa FKIP, khususnya mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam kegiatan analisis kesalahan berbahasa, dan (3) Peneliti selanjutnya yang sebidang ilmunya, diharapkan dapat melengkapi penelitian ini dengan melakukan kajian yang lebih dalam pada objek yang lain. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datayang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian berupa instrumen pengumpulan data dan instrumen analisis data. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil dan pembahasan penelitian yaitu (1) Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menulis karangan eksposisi adalah kesalahan tataran ejaan meliputi kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, dan penulisan unsur serapan, (2) Faktor-faktor penyebab kesalahan berbahasa Indonesia pada karangan eksposisi yaitu kurangnya pemahaman siswa mengenai ejaan, guru tidak menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran, dan penggunaan ragam bahasa gaul yang salah tempat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210402032;
dc.subjectTATARAN EJAANen_US
dc.subjectKARANGAN EKSPOSISIen_US
dc.titleKESALAHAN BERBAHASA TULIS TATARAN EJAAN DALAM KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X TKJ SMKN 2 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record