Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorSubiki
dc.contributor.authorYuliyanti, Lely
dc.date.accessioned2018-03-20T05:06:10Z
dc.date.available2018-03-20T05:06:10Z
dc.date.issued2018-03-20
dc.identifier.nim130210102030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84744
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Desain penelitian ini menggunakan random, pre-test, post-test design. Penelitian dilaksanakan di SMP Nuris Jember kelas VII-A dan VII-B pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 24 dan teknik deskriptif dengan persentase. Dari data hasil rata-rata keterampilan sosial siswa diketahui bahwa rata-rata keterampilan sosial siswa kelas eksperimen yaitu 35,77 dengan garde A kriteria sangat baik dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 33,60 dengan grade B kriteria baik. Keterampilan sosial akan terwujud dalam kerja kelompok saat menyalurkan gagasannya untuk menjawab permasalahan melalui komunikasi antar siswa. Analisis keterampilan sosial siswa didapatkan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,027 atau Sig. ≤ 0,05. Pengujian hipotesis yang dilakukan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai Sig. 2 tailed dibagi 2 dan diperoleh signifikansi 1-tailed sebesar 0,0135. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan dengan hipotesis statistik maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap keterampilan sosial siswa dikelas VII SMP. Dari data hasil belajar dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 88,18 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 80,16 adalah sama, dengan kategori tinggi. Analisis hasil belajar siswa didapatkan nilai Sig. 2 tailed sebesar 0,000 atau 0,000 ≤ 0,05. Jika disesuaikan dengan pedoman pengambilan keputusan dengan hipotesis statistik dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dikelas VII SMP.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe STADen_US
dc.subjectKeterampilan Sosialen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record