Show simple item record

dc.contributor.advisorMahardika, I Ketut
dc.contributor.advisorHarijanto, Alex
dc.contributor.authorSHOLIHAH, IMROATUS
dc.date.accessioned2018-03-19T06:21:29Z
dc.date.available2018-03-19T06:21:29Z
dc.date.issued2018-03-19
dc.identifier.isbn130210102029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84683
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fisika (Materi Momentum dan Impuls) SMA di Jember, (2) untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika (Materi Momentum dan Impuls) SMA di Jember. Jenis penelitian adalah true eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan cara purpusive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul. Responden penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Post-Test Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, portofolio, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan mempresentase hasil penilaian LKS berbasis representasi gambar dan hasil observasi selama di kelas kemudian ditentukan kriterianya. Teknik analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan perhitungan independent sample t-test. Hasil analisis keterampilan proses sains menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata keterampilan proses sains seluruh aspeknya dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 91,5%. Hasil analisis hasil belajar siswa fisika menggunakan independent sample t-test terlihat bahwa rata-rata (Mean) kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata (Mean) kelas kontrol atau (74,91 > 61,86). Pada tabel, tampak bahwa sig = 0,084. Karena nilai sig. > 0,05 atau 0,084 > 0,05 maka dapat dikatakan data yang diuji memilki varians homogen. Berdasarkan pedoman kriteria pengujian, jika p signifikansi ≤ 0,05 maka hipotesis nihil (H0) ditolak berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Quantum Teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika (Materi Momentum dan Impuls) SMA di Jember. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa SMA selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching disertai LKS berbasis representasi gambar untuk persentase rata-rata keseluruhan aspeknya sebesar 91,5% sehingga dapat digolongkan dalam kriteria sangat baik, (2) ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran quantum teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectQuantum Teachingen_US
dc.subjectRepresentasi Gambar dalam Pembelajaranen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Materi Momentum dan Impuls) SMA DI JEMBERen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record