dc.description.abstract | Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis tata jenjang dengan menggunakan bantuan software SPSS
(Stastical Package Social Science). Penentuan tempat penelitian yaitu dengan
menggunakan metode purposive area. Teknik penentuan responden secara
proposional random sampling dengan responden yang diteliti sebanyak 16
pendidik yang diambil secara keseluruhan. Data primer dari penelitian ini
diperoleh dari perhitungan hasil pengisian angket oleh responden yaitu pendidik
PAUD Cahaya Nurani dengan jumlah 16 pendidik sedangkan untuk data sekunder
diperoleh dari dokumentasi. Pengumpulan data melalui teknik angket,
dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui tahapan editing, coding, scoring,
dan tabulating.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, yang mana hubungan
antara peran pendidik dengan kesehatan anak usia dini diperoleh hasil analisis tata
jenjangnya diperoleh sebesar 0,928. Jika dikonsultasikan rtabel sebesar 0,506
pada taraf kepercayaan 95% menunjukan bahwa > r tabel 0,928 > 0,506.
Dengan yang lebih besar dari r tabel, hal tersebut dikategorikan nilai
hubungan tersebut tergolong tinggi, nilai hubungan antara pendidik sebagai
pembimbing dengan kesehatan anak usia dini sebesar 0,928, tergolong tinggi dan
tingkat hubungan antara pendidik sebagai fasilitator dengan kesehatan anak usia
dini sebesar 0,930, nilai hubungan tersebut tergolong tinggi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan antara
peran pendidik terhadap kesehatan anak usia dini di PAUD Cahaya Nurani
Kabupaten Jember dengan tingkat tinggi. Saran dari peneliti bagi pihak pengelola
lebih meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di PAUD Cahaya
Nurani sehingga kesehatan anak usia dini menjadi lebih baik dan terjaga
kebersihannya, Saran untuk kepala sekolah lebih meningkatkan dalam hal
kerjasama dengan pihak pelayanan kesehatan agar kesehatan anak di PAUD
Cahaya Nurani lebih terkontrol lagi, Saran bagi pendidik yaitu agar lebih berperan
aktif dalam rangka peningkatan segala kompetensi dalam segala aspek terutama
aspek kesehatan anak usia dini lebih diperhatikan lagi, bagi peneliti selanjutnya
diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan faktor lain yang
mempengaruhi hubungan peran pendidik dengan kesehatan anak usia dini. | en_US |