Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.advisorSupriadi, Bambang
dc.contributor.authorNurpuspitasari, Gita Kurnia
dc.date.accessioned2018-03-19T02:44:07Z
dc.date.available2018-03-19T02:44:07Z
dc.date.issued2018-03-19
dc.identifier.nim110210102075
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84665
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon, serta lembar pretest dan post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, validasi logic, angket, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi logic Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP, kemampuan berpikir kritis siswa, dan respon siswa,. Hasil validasi logic mendapatkan kesimpulan bahwa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP berkategori valid dengan nilai 3,71. Uji pengembangan dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 3 Singojuruh. Siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Singojuruh memberikan rata-rata respon 80,55% positif dan 19,45% negatif terhadap penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP memiliki memiliki persentase keaktifan siswa sebesar 76,41% yang berarti kriteria berpikir kritis siswa memasuki kategori aktif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS)en_US
dc.subjectPeningkatkan Berpikir Kritis Siswaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record