dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bukan hanya penguasaan kumpulan
pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja
tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA dapat menjadi
wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta
prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan
sehari-hari. Dalam pembelajaran IPA, guru harus bisa menciptakan situasi
interaktif yang edukatif, yakni interaksi yang dapat menarik minat belajar siswa
sehingga menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satunya melalui
penerapan pendekatan dan media yang mendukung jalannya proses pembelajaran.
Kenyataannya berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan
peneliti, guru belum mampu mengembangkan media pembelajaran secara optimal
seperti di SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember. Akibatnya minat dan hasil belajar
siswa masih terbilang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka
dilakukan penelitian dengan menerapkan pendekatan scientific dengan media
video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan
minat dan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran IPA pokok bahasan cara
manusia memelihara dan melestarikan alam di lingkungan melalui pendekatan
scientific dengan media video di SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember tahun ajaran
2013/2014 | en_US |