Show simple item record

dc.contributor.authorSusanto, Tantut
dc.contributor.authorRahmawati, Iis
dc.contributor.authorWantiyah, Wantiyah
dc.date.accessioned2018-02-13T07:22:32Z
dc.date.available2018-02-13T07:22:32Z
dc.date.issued2018-02-13
dc.identifier.issn2087-703X
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84307
dc.descriptionJurnal Kesehatan Reproduksi, 8(2), 2017en_US
dc.description.abstractLatar belakang: Visualitation in participarory program (VIPP) dapat diterapkan sebagai metode pendidikan kesehatan reproduksi remaja (KRR) untuk meningkatkan cakupan layanan program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) di puskesmas. Tujuan: diketahuinya pengaruh visualitation in participarory program (VIPP) dan metode ceramah terhadap pengetahuan, sikap, dan keterampilan KRR. Metode: Desain penelitian adalah quasy experiment with pretest-posttest design. Sampel penelitian 65 siswa SMA yang telah mengalami pubertas (32 kelompok VIPP dan 33 kelompok metode ceramah) diambil secara multi stage random sampling di dua Wilayah Kerja Puskesmas Kabupaten Jember dan secara sukarela mau mengikuti program selama 10 sesi VIPP maupun metode ceramah. Variabel pengetahuan, sikap, dan keterampilan KRR sebelum dan sesudah intervensi diukur dan dibandingkan pada masing-masing kelompok. Data dianalisis dengan paired t-test. Hasil: Pada kelompok metode ceramah tidak ada perbedaan bermakna pengetahuan dan sikap KRR (p>0.05), tetapi ada perbedaan yang bermakna ketrampilan KRR (P<0.05) sebelum dan sesudah intervensi. Pada kelompok VIPP terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dan ketampilan KRR (p<0.001) sebelum dan sesudah intervensi VIPP selama 10 sesi. Kesimpulan: Metode VIPP mampu merubah 3 domain pengetahuan, sikap, dan ketrampilan, tetapi metode ceramah hanya mampu merubah domain ketrampilan. Agar metode VIPP menjadi metode alternatif pendidikan pendidikan kesehatan sesuai dengan standar PKPR dalam meningkatkan 3 domain KRR.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectVIPPen_US
dc.subjectCeramahen_US
dc.subjectKesehatan reproduksi remajaen_US
dc.subjectPKPRen_US
dc.titlePENGARUH VISUALITATION IN PARTICIPATORY PROGRAM (VIPP) DAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI JEMBER (Effect of Visualitation In Participatory Program (VIPP) and Lecture Method on Knowledge, Attitudes, and Skills of Reproductive Health among Adolescent in Jember )en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record