dc.contributor.author | Suratno, Suratno | |
dc.contributor.author | Kurniati, Dian | |
dc.date.accessioned | 2018-02-13T04:10:20Z | |
dc.date.available | 2018-02-13T04:10:20Z | |
dc.date.issued | 2018-02-13 | |
dc.identifier.issn | 1410-4725 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84306 | |
dc.description | Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Volume 21, No 1, June 2017 (1-10) | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpkir kritis siswa kelas
V SD di sekitar perkebunan kopi Garahan Jember melalui penerapan model pembelajaran mathscience
berbasis performance assessment. Kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini adalah
kemampuan pembuktian, kemampuan generalisasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Data
dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Uji coba penelitian ini diterapkan pada dua
SD di sekitar perkebunan kopi yaitu MI Al –Amin Garahan dan SD Negeri Sidomulyo 03 Jember
dengan subyek penelitian sebanyak 80 siswa. Data diperoleh dari hasil kinerja siswa selama
mengerjakan post test pada materi math-science dan wawancara. Pada siklus pertama terdapat 8
siswa (10%) yang memenuhi semua indikator kemampuan generalisasi dan pembuktian, sedangkan
kemampuan pemecahan masalah belum berkembang dengan maksimal. Pada siklus kedua terdapat
peningkatan, yaitu terdapat 22 siswa (27.5%) yang mampu memiliki kemampuan pembuktian dan
kemampuan generalisasi. Pada siklus ketiga terdapat 32 siswa (40%) yang mampu memiliki semua
kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | math-science | en_US |
dc.subject | performance assessment | en_US |
dc.subject | kemampuan berpikir kritis | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MATH-SCIENCE BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI DAERAH PERKEBUNAN KOPI JEMBER | en_US |
dc.type | Article | en_US |