PERAN KUALITAS LAYANAN DALAM MEMBANGUN KEPUASAN DAN KOMUNIKASI DARI MULUT KE MULUT PASIEN RAWAT JALAN RSD. dr. SOEBANDI JEMBER
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksplanatori (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di
RSD. dr. Soebandi Jember. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan
dengan metode purposive sampling dimana pengambilan sampel dilakukan dengan pertimbangan tertentu
secara aksidental jadi ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 180 = 6x30 (Ferdinand, 2002:76).
Analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah metode
Stuctural Equation Modelling (SEM) dengan model second order menggunakan program IBM SPSS-AMOS 22.
Penelitian pada pasien rawat jalan RSD. dr. Soebandi Jember ini memiliki karakteristik responden
yang beragam baik dari segi jenis kelamin, usia, jenis pembayaran, maupun dari jenis karakteristik
berdasarkan frekuensi komunikasi dari mulut ke mulut. Karakteristik responden dalam penelitian ini
berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh laki-laki dengan tingkat rentang usia pada 35-45 tahun,
dengan jenis pembayaran yang banyak dipakai adalah menggunakan 73%,
dan frekuensi paling banyak berada pada dua kali melakukan komunikasi dari mulut ke mulut dengan
persentase sebesar 46% yaitu sebanyak 83 orang.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian yang dilakukan di RSD. dr. Soebandi
Jember diperoleh bahwa kualitas layanan berpengaruh tidak singnifikan terhadap kepuasan pasien
rawat jalan di RSD. dr. Soebandi Jember, yang berarti bahwa jika kinerja kualitas layanan
meningkat, maka belum tentu kepuasan pasien rawat jalan juga akan meningkat. Kualitas layanan
berpengaruh tidak signifikan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut pasien rawat jalan di RSD. dr.
Soebandi Jember, yang berarti bahwa jika kinerja kualitas layanan meningkat, belum dapat
meningkatkan intensitas komunikasi dari mulut ke mulut pasien rawat jalan pada RSD. dr. Soebandi
Jember kepada pihak lain. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap komunikasi dari mulut ke mulut,
yang berarti bahwa jika pasien rawat jalan RSD. dr. Soebandi Jember merasa puas maka pasien
tersebut akan meningkatkan intensitas komunikasi dari mulut ke mulut tentang RSD. dr. Soebandi
Jember kepada orang lain.
Collections
- MT-Management [539]