dc.contributor.author | Zamroni, Muhammad | |
dc.date.accessioned | 2018-02-09T02:27:17Z | |
dc.date.available | 2018-02-09T02:27:17Z | |
dc.date.issued | 2018-02-09 | |
dc.identifier.issn | 2407-7992 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84221 | |
dc.description | Jurnal Layar, Vol. 4 No. 2 Desember 2017 | en_US |
dc.description.abstract | Sinema virtual reality adalah film dengan teknologi terbaru yang memungkinkan
penonton “hadir” di dalam film baik secara sadar maupun bawah sadar. Visi 360 derajat
terhadap realitas yang ditawarkan oleh teknologi virtual reality membuat penonton dapat
memilih sendiri sudut pandang, ukuran serta pergerakan visual yang diinginkan dalam
menikmati cerita dalam sebuah film. Penelitian ini membahas tentang pengaruh sinema
virtual reality terhadap kemungkinan tata bahasa sinema beserta dimensi estetik yang
ditimbulkannya pada film. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik terhadap
fenomena kemunculan sinema virtual reality, yang dianggap dapat mengubah dimensi
estetik film serta tata bahasa film (sinematografi) sebagai unsur penting dalam visualisasi
sebuah film.
Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah adanya perubahan
dimensi estetik film dikarenakan berubahnya tata bahasa sinema yang selama ini
dipahami, yang disebabkan oleh hadirnya sinema virtual reality. Sinematografi sebagai tata
bahasa film diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi sinema atau
tetap memberi batas yang tegas sebagai entitas yang berbeda dan tidak bergantung pada
perkembangan teknologi. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | Realitas Virtual | en_US |
dc.subject | Sinematografi | en_US |
dc.subject | Sinema | en_US |
dc.subject | Estetika | en_US |
dc.title | SINEMA VIRTUAL REALITY: MENGGUGAT TATA BAHASA SINEMA | en_US |
dc.type | Article | en_US |