Show simple item record

dc.contributor.authorZamroni, Muhammad
dc.date.accessioned2018-02-09T02:27:17Z
dc.date.available2018-02-09T02:27:17Z
dc.date.issued2018-02-09
dc.identifier.issn2407-7992
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84221
dc.descriptionJurnal Layar, Vol. 4 No. 2 Desember 2017en_US
dc.description.abstractSinema virtual reality adalah film dengan teknologi terbaru yang memungkinkan penonton “hadir” di dalam film baik secara sadar maupun bawah sadar. Visi 360 derajat terhadap realitas yang ditawarkan oleh teknologi virtual reality membuat penonton dapat memilih sendiri sudut pandang, ukuran serta pergerakan visual yang diinginkan dalam menikmati cerita dalam sebuah film. Penelitian ini membahas tentang pengaruh sinema virtual reality terhadap kemungkinan tata bahasa sinema beserta dimensi estetik yang ditimbulkannya pada film. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitik terhadap fenomena kemunculan sinema virtual reality, yang dianggap dapat mengubah dimensi estetik film serta tata bahasa film (sinematografi) sebagai unsur penting dalam visualisasi sebuah film. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah adanya perubahan dimensi estetik film dikarenakan berubahnya tata bahasa sinema yang selama ini dipahami, yang disebabkan oleh hadirnya sinema virtual reality. Sinematografi sebagai tata bahasa film diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi sinema atau tetap memberi batas yang tegas sebagai entitas yang berbeda dan tidak bergantung pada perkembangan teknologi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectRealitas Virtualen_US
dc.subjectSinematografien_US
dc.subjectSinemaen_US
dc.subjectEstetikaen_US
dc.titleSINEMA VIRTUAL REALITY: MENGGUGAT TATA BAHASA SINEMAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record