dc.description.abstract | Latar belakang pemilihan masalah ini yaitu posisi mata pelajaran sejarah dalam
kurikulum 2013 sebagai mata pelajaran wajib, namun bahan ajar masih belum memfasilitasi
pembelajaran dengan baik. Hasil angket menunjukkan bahwa bahan ajar masih terbatas pada LKS dan
buku teks yang cenderung memiliki tingkat kedalaman materi yang belum lengkap. Kurikulum 2013
mengharuskan pendidik memiliki kemampuan untuk mengembangkan materi pembelajaran yang disusun
berdasarkan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, salah satunya dengan mengembangkan modul
pembelajaran. Penggunaan modul dalam pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam
kurikulum 2013 yaitu pendekatan pembelajaran Student Centered Learning (SCL). Sesuai dengan
kebutuhan pembelajaran, maka hendaknya modul memiliki daya adaptif dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi berupa software
multimedia Adobe Flash CC (Creative Cloud) untuk mengubah modul cetak menjadi modul non-cetak
berupa modul multimedia interaktif.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap
pengembangan modul multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CC (Creative Cloud) pada mata
pelajaran sejarah kelas XI SMA ? (2) bagaimana tingkat efektivitas modul multimdia interaktif Adobe
Flash CC (Creative Cloud) pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA?. Tujuan penelitian adalah (1)
menghasilkan produk berupa modul berupa modul multimedi interaktif berbasis
Adobe Flash CC (Creative Cloud) pada pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA yang tervalidari dan
layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) meningkatkan efektivitas belajar peserta didik dengan
menggunakan modul multimedia interaktif berbasis Adobe Flash CC (Creative Cloud) pada mata
pelajaran Indonesia kelas XI SMA.
Model pengembangan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan
ASSURE. Tahapan dalam model pengembangan ini yaitu analizy learner characteristic, state
performance, selct methods, media & materials, utilize materials, requires learner participation,
dan evaluate.
Hasil pengembangan menghasilkan produk berupa modul multimedia interaktif Sejarah Indonesia kelas
XI SMA. Modul multimedia interaktif tersebut memaparkan Perjuangan Bangsa Indonesia Mempertahankan
Kemerdekaan. Materi tersebut dibuat menggunakan softwere Adobe Flash CC (Creative Cloud) dan
disimpan dalam format exe.
Kajian produk berisi produk yang telah direvisi. Kajian produk berisi mengenai kajian aspek desain
pesan dan desain teks. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka dapat disimpulkan (1)
Modul multimedia interaktif yang dikembangkan mampu memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses
pembelajaran; (2) Modul multimedia interaktif yang dikembangkan merupakan bahan ajar yang menarik
untuk digunakan dalam proses pembelajaran sejarah Indonesia, serta mampu meningkatkan daya tarik
peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia; (3) Modul multimedia interaktif yang
dikembangkan merupakan bahan ajar yang mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah
Indonesia; dan (4) Modul multimedia interaktif yang dikembangkan mampu menjadi salah satu referensi
dan penunjang dalam pembelajaran Sejarah Indonesia. | en_US |