Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHANDONO, Trapsilo
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.authorERLIANA, Nur
dc.date.accessioned2018-02-08T06:41:54Z
dc.date.available2018-02-08T06:41:54Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.nimNIM130210102015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84197
dc.description.abstractMelalui pembelajaran fisika siswa diarahkan untuk memperoleh pemahaman terhadap terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari dengan melalui pengalaman langsung dan memahami alam sekitar. Salah satu pokok bahasan fisika yang akrab dengan kehidupan manusia adalah alat-alat optik. Sesuai dengan standar kompetensi pada materi ini, siswa dituntut untuk dapat mengamati bagian-bagian alat-alat optik dan juga sifat-sifat bayangan dari alat-alat optik. Namun, pada saat ini masih ditemui dalam pembelajaran di kelas bahwa siswa masih kesulitan untuk membedakan antara bayangan maya dan nyata pada pembentukan bayangan setiap alat-alat optik. Menanggapi hambatan tersebut yang terdapat dalam pembelajaran guru mencari solusi, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik. Oleh Karena itu, salah satu bahan ajar yang akan dikembangkan sebagai alternatif pembelajaran alat- alat optik adalah modul berbasis pictorial riddle. Dengan melalui gambar riddle materi yang diberikan dapat lebih lama terekam dalam ingatan siswa. Selain itu, salah satu materi fisika yang memerlukan gambar dalam pembelajaran yaitu materi alat-alat optik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah. Dengan demikian dari hasil pengembangan tersebut akan diperoleh validasi modul, efektifitas modul dan respon siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pembelajaran 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D langkah yaitu: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), dan 3) develop (pengembangan). Penentuan sampel pada penelitian menggunakan teknik purposive sampling melalui analisis siswa. Pertimbangan ini dilakukan pada tahap analisis siswa oada fase pendefinisian dalam model pengembangan bahan ajar model 4-D. Selanjutnya data validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang diisi oleh validator, kemudian data hasil belajar ranah kognitif untuk mengetahui efektifitas modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle dan respon siswa diperoleh selama dan setelah pembelajaran. Modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah mendapatkan hasil uji validasi ahli sebesar 77,91%. Hasil uji validasi ahli berada pada kategori cukup valid sehingga dapat digunakan dengan sedikit revisi. Uji pengembangan dilaksanakan di kelas X MA Annuriyyah dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa dengan 6 kali kegiatan pembelajaran. Skor rata-rata pre test dan post test yang didapatkan siswa yaitu 4,72 dan 49,23 dengan nilai rata- rata N-gain sebesar 0,46. Nilai ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar ranah kognitif sebelum dan sudah diberi modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah pada kriteria sedang. Dengan demikian modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle dikatakan efektif dalama meningkatkan hasil belajar siswa ranah kognitif. Rata-rata percentage of agreement yang dimunculkan diangket respon siswa sebesar 92,63% yang berada pada kategori positif. Berdasarkan data-data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa 1) Modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah mendapatkan hasil uji validasi ahli sebesar 77,91%. Dengan demikian modul yang dikembangkan memiliki kriteria cukup valid, 2) hasil belajar ranah kognitif siswa dengan normalitas gain rata-rata sebesar 0,46 yang berada pada kategori sedang dan efektif, 3) Modul alat-alat optik berbasis pictorial riddle pada mata pelajaran fisika di Madrasah Aliyah mendapatkan respon yang positif sebesar 92,63%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102015;
dc.subjectALAT-ALAT OPTIK BERBASISen_US
dc.subjectPICTORIAL RIDDLEen_US
dc.subjectMATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAHen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL ALAT-ALAT OPTIK BERBASIS PICTORIAL RIDDLE PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MADRASAH ALIYAHen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record