Show simple item record

dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.advisorLATIF, Misno A.
dc.contributor.authorKARENI, Novia Rahma
dc.date.accessioned2018-02-08T06:34:54Z
dc.date.available2018-02-08T06:34:54Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.nimNIM130210205069
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84195
dc.description.abstractPendidikan anak di Taman Kanak-kanak (TK) merupakan pembinaan dan pengembangan seluruh potensi anak salah satunya yaitu perkembangan kemampuan berhitung. Aktivitas manusia tidak dapat terlepas dari peran matematika didalamnya, mulai dari penambahan, pengurangan, pembagian sampai perkalian. Kemampuan berhitung setiap anak berbeda-beda, seperti halnya di TK Siswa Budhi masih banyak anak yang kemampuan berhitungnya rendah, hal ini disebabkan karena pembelajaran yang digunakan disekolah masih belum berpusat pada anak dan pemberian tugas hanya menggunakan media kartu angka saja sehingga pembelajaran terkesan monoton dan membuat anak cepat bosan. Pengembangan kemampuan berhitung melalui media tersebut dirasakan kurang efektif sehingga kurang berkembangnya kemampuan berhitung anak. Berdasarkan permasalahan tentang kemampuan berhitung tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan dalam menngenalkan konsep bilangan pada anak agar dapat mengoptimalkan kemampuan berhitung anak. Metode pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya metode bermain congklak. Pemilihan metode bermain congklak untuk meningkatkan perkembangan kemampuan berhitung anak karena metode bermain congklak adalah permainan yang didalamnya terdapat unsur membilang angka. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan, dapat dipaparkan rumusan masalah penelitian ini, adalah: (1) bagimanakah penerapan permainan congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B2 di TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017 ?; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan berhitung anak melalui melalui permainan congklak kelompok B2 di TK Siswa Budhi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017?. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang akan dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Me Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Analisis yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penerapan bermaian congklak dalam pembelajaran meningkatkan kemampuan berhitung anak dilaksanaan dalam 2 siklus. Siklus I dilakukan dengan cara guru mempersiapkan media congklak, guru memperlihatkan dan memberi contoh bermaian congklak pada anak, kemudian guru mengajak anak untuk bermain congklak. Kendala yang dialami pada siklus I yaitu, guru masih kesulitan dalam mengkondisikan anak, saat pembelajaran berlangsung masih banyak anak yang tidak tertib, terdapat beberapa anak kesulitan ketika menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan, dan anak merasa cepat bosan selama pembelajaran berlangsung. Pelaksanaan pada siklus II hampir sama dengan siklus I akan tetapi ditambahkan perbaikan dari perencanaan yang ada pada siklus I, pada siklus II guru membagi anak menjadi 5 kelompok yang masing-masing ada 3 anggota agar guru lebih mudah untuk melihat perkembangan anak dan agar anak lebih terkondisikan. Peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok B2 di TK Siswa Budhi dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas pada prasiklus 53,3, siklus I 58,3, dan siklus II meningkat menjadi 71,3. Berdasarkan temuan di atas, dapat diberikan saran yaitu guru hendaknya mempertimbangkan kemampuan berhitung anak dengan menggunakan media permainan congklak; kepala sekolah hendaknya memberikan motivasi guru-guru untuk menerapkan metode permainan congklak dalam kegiatan pembelajaran berhitung; dan peneliti hendaknya mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dalam meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210205069;
dc.subjectKEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B2en_US
dc.subjectPERMAINAN CONGKLAKen_US
dc.subjectTK SISWA BUDHIen_US
dc.subjectKECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B2 MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DI TK SISWA BUDHI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record