Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHATIN, Jekti
dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.authorARDIANSYAH, Mokhamad Riyan
dc.date.accessioned2018-02-08T06:20:40Z
dc.date.available2018-02-08T06:20:40Z
dc.date.issued2018-02-08
dc.identifier.nim100210103037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84191
dc.description.abstractSains atau Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pengetahuan hasil kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis tiada henti-hentinya serta diperoleh melalui metode tertentu yang teratur, sistematis, berobjek, bermetode dan berlaku secara universal. Konsep pembelajaran IPA yang dijelaskan dalam kurikulum 2013 bahwa Ilmu Pengetahuan Alam dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam. Kurikulum 2013 telah menyediakan buku siswa dan buku guru, namun khususnya pada buku siswa masih didominasi oleh pengetahuan yang harus dihafal oleh siswa. Pembelajaran aktif sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 seharusnya menghindari pelajaran menghafal, sehingga buku siswa ini masih perlu dikembangkan supaya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Salah satu model pembelajaran yang memperhatikan keterampilan berpikir siswa dan menuntut keaktifan siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Instruction/PBI). PBI bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektual. Pembelajaran berdasarkan masalah digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi dalam situasi berorientasi masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kualitas dan mengembangkan Bahan Ajar IPA Biologi Berbasis Problem-Based Instruction (PBI) Pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia kelas VIII SMP Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yaitu pengembangan bahan ajar IPA berbasis PBI (Probem-Based Instruction) pada materi sistem peedaran darah manusia kelas VIII SMP. Pengembangan bahan ajar yang dimaksud adalah buku siswa. Dalam pengembangan bahan ajar ini menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap yaitu research and information collecting (pengumpulan informasi), main product revision (melakukan perencanaan), develop preliminary form of product (pengembangan produk awal), preliminary field testing (uji terbatas/uji kelompok kecil), main product revision (revisi hasil uji terbatas), main field testing (uji lapangan/uji kelompok besar), operational product revision (revisi hasil uji lapangan), operational field testing (uji kelayakan), final product revision (revisi hasil uji kelayakan), dan dissemination and implementation (diseminasi dan implementasi produk akhir). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ke 7 yaitu operational product revision (revisi hasil uji lapangan). Pada tahap pengembangan awal dilakukan Validasi oleh empat validator ahli materi, satu ahli media dan satu ahli pengembangan. Kemudian untuk uji kelompok kecil diujikan kepada 12 siswa kelas VIII SMP N 11 Jember sedankan uji kelompok besar keda 31 siswa kelas VIII SMP N 11 Jember. Bahan ajar dinilai dan di ujikan sampai menjadi valid dan layak digunakan. Hasil penelitian yang telah dilakukan tentang Pengembangan bahan ajar IPA Biologi berbasis PBI ( Problem-Based Instruction) dengan mengikui model Borg & Gall, tetapi hanya sampai tahap Revisi Lapangan. Bahan ajar yang telah dikembangkan harus melewati tahap validasi terlebih dahulu sebelum diujicobakan di kelas. Menurut Sugiyono (2014:414), validasi merupakan proses untuk menilai apakah rancangan produk efektif atau tidak berdasarkan penilaian rasional, belum fakta lapangan. Tujuan dari kegiatan validasi adalah mencari dan menentukan hal- hal yang masih harus ditingkatkan atau direvisi agar produk yang dihasilkan lebih efektif dan efisien. Buku siswa berbasis Problem-Based Instruction divalidasi oleh enam validator. Validator-validator tersebut terdiri tiga dosen pendidikan biologi, masing-masing sebagai ahli materi, ahli pengembangan, dan ahli media, dan tigaen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries100210103037;
dc.subjectBAHAN AJAR IPA BIOLOGIen_US
dc.subjectBERBASIS PBIen_US
dc.subjectPROBLEM BASED INSTRUCTIONen_US
dc.subjectMATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMPen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar IPA Biologi Berbasis PBI (Problem Based Instruction) pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record