• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL KOOPERATIF TIPE TPSQ (THINK PAIR SQUARE) DISERTAI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Ali Wafa 070210192143_1.pdf (1.498Mb)
    Date
    2018-02-08
    Author
    Wafa, Ali
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran fisika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku atau terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa, sehingga prestasi hasil belajar Fisika masih rendah. Model pembelajaran Tipe TPSq (think pairs Square) dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami dan menguasai konsep-konsep fisika yang telah dipelajari melalui kegiatan atau belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq (Think Pair Square) disertai metode demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (DI) dalam pembelajaran fisika di SMP; (2) Mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq (Think Pair Square) disertai metode demonstrasi dalam pembelajaran fisika di SMP. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Jember, yang menjadi populasi dari penelitian adalah siswa kelas VII. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling melalui teknik pengundian, diperoleh 1 kelas sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model Tipe TPSq (think pair square) disertai demonstrasi. Desain penelitian ini menggunakan desain one group post-tes. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Independent Sample t test dengan bantuan SPSS 16.Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model Tipe TPSq (think pair square) disertai demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan yaitu < 0,05 dan itu artinya adalah ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model Tipe TPSq (think pair square) disertai demonstrasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq (think pair square) disertai metode demonstrasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (DI) dalam pembelajaran fisika di SMP; (2) Keaktifan siswa selama pembelajaran fisika dengan menggunakan model TPSq (think pair square) mengalami peningkatan dan termasuk pada kriteria aktivitas siswa yang sangat aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84169
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository