Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDODO, Joko
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.authorSURYANINGSIH, Erni Indah
dc.date.accessioned2018-01-30T01:03:33Z
dc.date.available2018-01-30T01:03:33Z
dc.date.issued2018-01-30
dc.identifier.nimNIM990510301173
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84098
dc.description.abstractLahirnya seorang wiraswasta merupakan salah satu cara untuk mengatasi rnasalah penganggu.ran di Indonesia. Dalam konteks persaingan global seperti sekarang ini pan wiraswasta harus mampu meningkatkan kualitas usahanya melalui potensi sumber daya manusia yang berkualitas dengan dibekali ilmu pengetahuan dan sikap mental wiraswasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dari variabel ranah kognitif' (X1) dan ranah afektif (X1) terhadap keberhasilan usaha (Y). Selain itu penehti juga ingin rnengetahui variabel manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kebrhasilan usaha. Metode penentuan lokasi penelitian secara purposive yaitu ditentukan secara sengaja di sentra industri mebel Kelurahan Bukir Kecamatan (lading* Kota Pasuruan. Metode pe-nentuan responden menggunakan metode populasi dengan responden sebanyak 31 orange Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan meliputi analisis regresi berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ranah kegnitil (XI) dan ranah alektif sacara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan usaha (Y ). I tat ini clibuktikan dengan perhitungan uji 12„ climana F > F „dd (33,498 > 3,34) dengan signitikan 0,000 dan koefisien determinasi sebesar 70,5% yang berarti bahwa variabel ranah kognitif (X1) dan ranah Afektif (X2) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keberhasilan usaha (Y) sebesar 70,5%. Hasil uji t diperoleh data bahwa variabel ranah kog-nitif (X1) mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keberhasilan usaha (Y). Hal ini ditunjukkan dengan ni.lai. hashl uji t yaitu ranah kognitif (XI) sebesar 6,028 dan ranah afektif (X7) sebesar 2,958 yang berarti t idtung untuk ranah kognitif lebih besar dari t - untuk ranah afektil Selain itu juga dapat dilihat rnelalui sumbangan proporsi variabel. ranah kognitif (51,9912%) yang lehill besar dari proporsi sumbangan variabel ranah (18,5168%). Penelitian ini hanya berfokus pada variabel ranah kognitif dan ranah alektif sehinuga masih ada variabel lain yang ikut mempengaruhi keberhasilan usaha pengrajin mebel yang tidak diteliti pada penelitian ini. Bagi peneliti lain yang akan meneliti perrnasalahan sejenis disarankan untuk memasukkan variabel pengalaman dan lingkungan usaha.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries990510301173;
dc.subjectRanah Kognitifen_US
dc.subjectRanah Afektif dan Keberhasilan Usahaen_US
dc.titlePengaruh Ranah Kognitif dan Ranah Afektif Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Pada Pengrajin Mebel di Sentra Industri Mebel Kelurahan Bukir Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan Tahun 2004)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record