• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG MENJADI PERTIMBANGAN NASABAH MENYIMPAN DANA PADA BANK MANDIRI CABANG JEMBER WIJAYA KUSUMA DI KOTA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Frendian Ari Lesmana 010820101016_.pdf (16.67Mb)
    Date
    2018-01-19
    Author
    LESMANA, Frendian Ari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    . Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa bank-bank di tengah krisis kepercayaan masyarakat terhadap perbankan, ternyata mampu menduduki posisi lima besar sebagai bank penghimpun dana pihak ketiga yang secara berurutan adalah sebagai berikut : (1) Bank Mandiri (2) Bank Central Asia, (3) Bank Negara Indonesia, (4) Bank Rakyat Indonesia dan (5) Bank Danamon. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa sesungguhnya Bank Mandiri masih menjadi primadona bagi nasabah untuk menyimpan dana sehingga perlu bagi pihak bank untuk dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Adapun penilaian tersebut didasarkan pada kemampuan likuiditas, rentabilitas, kualitas asset, efisiensi maupun modal bank. Berangkat dari latar belakang tersebut maka penelitian ini terfokus pada faktor-faktor marketing mix yang menjadi pertimbangan nasabah dalam menyimpan dana pada Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma. Penelitian ini mempunyai dua tujuan, yaitu (1) untuk mengetahui faktor-faktor marketing mix (produk, harga, tempat/lokasi, promosi, personil, proses dan bukti fisik) yang menjadi pertimbangan nasabah menyimpan dana pada Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma di kota Jember, dan (2) untuk mengetahui faktor marketing mix manakah yang paling dominan menjadi pertimbangan nasabah menyimpan dana pada Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma di kota Jember. Target populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri Cabang Jember Wijaya Kusuma sebanyak 385 orang. Sampel sebanyak 115 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh Markating Mix (produk, harga, tempat/lokasi, promosi, personil, proses dan bukti fisik) terhadap keputusan nasabah baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Hasil penelitian. ini menunjukkan bahwa marketing mix (produk, harga, tempat/lokasi, promosi, personil, proses dan bukti fisik) secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah menyimpan dananya sebesar 57,14%. Secara parsial ada enam variabel yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menyuimpan dana yaitu produk (X1) sebesar 5,734; harga (X2) sebesar 3,033; tempat/lokasi (X3) sebesar 1,886; promosi (X4) sebesar 1,911; orang (X5) sebesar 2,902; proses (X6) sebesar 2,852; sedangkan variabel bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menyimpan dana yaitu sebesar —1,606., diantara ketujuh variabel bebas yang mempunyai kontribusi (dominan) pengaruhnya terhadap keputusan nasabah menyimpan dananya adalah variabel produk (X1) dengan nilai p = 0,000 dan t hitung = 5,734.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84039
    Collections
    • MT-Management [545]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository