Show simple item record

dc.contributor.advisorMasyhud, M. Sulthon
dc.contributor.advisorFitriyah, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorSahputri, Elma Deasy Maya
dc.date.accessioned2017-12-19T08:15:39Z
dc.date.available2017-12-19T08:15:39Z
dc.date.issued2017-12-19
dc.identifier.nim130210204071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83687
dc.description.abstractHasil wawancara dan observasi dengan guru kelas IV A dan B SDN Kemuningsari Lor 02 pada tanggal 20 Juli 2016, menunjukkan bahwa guru masih kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Metode yang biasa digunakan di SDN Kemuningsari Lor 02 adalah metode ceramah, pengasan dan tanya jawab. Nilai KKM untuk mata pelajaran IPS di SDN Kemuningsari Lor 02 adalah 66 dan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat dirumuskan suatu permasalahan “adakah pengaruh signifikan penerapan metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember semester II tahun ajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan penerapan metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember semester II tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kemunigsari Lor 02 Jember, pada tanggal 06 Februari 2017 sampai dengan 13 Februari 2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas IVA dengan 27 siswa dan kelas IVB dengan 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes Hasil perhitungan uji homogenitas mendapatkan harga , selanjutnya harga dikonsultasikan dengan diketahui db= 50 pada taraf signifikan 5 % sehingga nilai . Berdasarkan nilai dan maka yaitu . Hasil uji homogenitas tersebut kelas IVA dan IVB dinyatakan homogen sehingga pemilihan kelompok dilakukan dengan undian, kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Uji-t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen sebesar 39 sedangkan nilai rata-rata beda pre-test dan post-test kelas kontrol sebesar 23,44. Hasil uji-t sebesar 4,374, kemudian dikonsultasikan dengan t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan db=50. Mendapatkan hasil t-ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > t-𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 4,374 > 2,000. Perhitungan selanjutnya untuk mengetahui keefektifan relatif menggunakan rumus ER, melalui perhitungan diperoleh hasil dari keefektifan relative adalah 49,68%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan sebesar 49,68% antara nilai siswa yang diajar dengan menerapkan metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar dibandingkan dengan nilai siswa yang diajar dengan menerapkan pembelajaran dengan metode ceramah dan penugasan Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan penerapan metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi di SDN Kemuningsari Lor 02 Jember semester II tahun ajaran 2016/2017. Saran dari penelitian ini adalah guru diharapkan dapat menggunakan metode diskusi kelompok kecil berbantuan media gambar sebagai alternatif pilihan untuk variasi pembelajaran IPS.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKelompok Kecil Berbatuanen_US
dc.subjectMedia Gambaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS DI SDN KEMUNINGSARI LOR 02 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record