Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorWahono, Bevo
dc.contributor.authorArahmat, Yuli
dc.date.accessioned2017-12-05T00:42:05Z
dc.date.available2017-12-05T00:42:05Z
dc.date.issued2017-12-05
dc.identifier.nimNIM. 120210103036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83546
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara yang terus menerus berupaya untuk memperbaiki serta menyempurnakan sistem pendidikannya. Menurut UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pengembangan kemampuan peserta didik yang dibutuhkan saat ini tidak hanya mengembangkan kemampuan kognitif semata, akan tetapi jauh lebih dari hal tersebut, dibutuhkan adanya kesadaran metakognisi dalam proses pembelajaran. Metakognisi adalah thinking about thinking atau berpikir tentang proses berpikir itu sendiri. Metakognisi sebagai suatu bentuk kemampuan untuk melihat pada diri sendiri sehingga apa yang dia lakukan dapat terkontrol secara optimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan afektif, kognitif dan psikomotorik maupun metakognisi secara maksimal adalah model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran berbasis masalah memiliki kekurangan salah satunya yaitu dapat memungkinkan terjadinya miskonsepsi materi dari apa yang sudah didiskusikan. Sehingga hal ini perlu adanya penguatan secara tertulis, salah satunya menggunakan teknik mind mapping. Mind mapping diterapkan untuk menanamkan dan meningkatkan pemahaman konsep biologi agar siswa lebih mudah dalam mengingat materi yang telah diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik mind mapping terhadap metakognisi dan hasil belajar siswa pada materi biologi pokok bahasan virusen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record