dc.description.abstract | Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang
bersagkutan. Hasil belajar siswa yang diperoleh dipengaruhi oleh berbagai faktor,
diantaranya adalah interaksi edukatif guru dengan siswa. Untuk mengetahui pengaruh
interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran
ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 2 Jember
Tahun Ajaran 2016/2017, maka dilakukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang
diangkat dalam penelitian ini adalah : adakah pengaruh yang signifikan interaksi
edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi
(studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun
ajaran 2016/2017)?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang
signifikan interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA
Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan purposive area, sedangkan untuk menentukan responden penelitian
menggunakan metode populasi sebanyak 70 orang. Metode pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis garis regresi
sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektifitas garis regresi, dan standart
error of estimate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru dengan siswa
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi
kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017). Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan nilai F
=
279,795> F
= 3,982 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05, berarti
variabel interaksi edukatif guru dengan siswa memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa
kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017), maka
keputusan yang diambil adalah hipotesis diterima.
tabel
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui ada pengaruh positif interaksi
edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
(studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun
ajaran 2016/2017), Oleh karena itu peneliti menyarankan pada beberapa pihak antara
lain : 1) bagipihak guruSMA Negeri 2Jember, sebaiknyalebihmeningkatkan interaksi
edukatif dengan siswa terutama dalam hal penerapan metode dan alat pembelajaran
untuk lebih diperhatikan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara
maksimal. 2) bagisiswa, untuklebihmeningkatkan interaksi dengan guru dalam proses
pembelajaran, serta untuk lebih memaksimalkan belajar agar dapat mempeorleh hasil
belajar secara maksimal. 3) bagipeneliti lain,diharapkanbagipeneliti lain yang
akanmelakukanpenelitianserupadenganpenelitianiniuntukmengambilvariabel lain
yang tidakturutditelitidalampenelitianini, supaya dapat menciptakan penelitianpenelitian
yang lebih baik dan nantinya sebagai tambahan referensi penelitian yang
sejenis.
hitung | en_US |