Show simple item record

dc.contributor.advisorDjaja, Sutrisno
dc.contributor.authorYuliya, Rita
dc.contributor.authorAni, Hety Mustika
dc.date.accessioned2017-11-28T07:31:33Z
dc.date.available2017-11-28T07:31:33Z
dc.date.issued2017-11-28
dc.identifier.nimNIM130210301084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83403
dc.description.abstractKeberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang bersagkutan. Hasil belajar siswa yang diperoleh dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah interaksi edukatif guru dengan siswa. Untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2016/2017, maka dilakukan penelitian lebih lanjut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : adakah pengaruh yang signifikan interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017)?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode populasi sebanyak 70 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektifitas garis regresi, dan standart error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi edukatif guru dengan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017). Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan nilai F = 279,795> F = 3,982 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 <a = 0,05, berarti variabel interaksi edukatif guru dengan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017), maka keputusan yang diambil adalah hipotesis diterima. tabel Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui ada pengaruh positif interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus pada siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2016/2017), Oleh karena itu peneliti menyarankan pada beberapa pihak antara lain : 1) bagipihak guruSMA Negeri 2Jember, sebaiknyalebihmeningkatkan interaksi edukatif dengan siswa terutama dalam hal penerapan metode dan alat pembelajaran untuk lebih diperhatikan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal. 2) bagisiswa, untuklebihmeningkatkan interaksi dengan guru dalam proses pembelajaran, serta untuk lebih memaksimalkan belajar agar dapat mempeorleh hasil belajar secara maksimal. 3) bagipeneliti lain,diharapkanbagipeneliti lain yang akanmelakukanpenelitianserupadenganpenelitianiniuntukmengambilvariabel lain yang tidakturutditelitidalampenelitianini, supaya dapat menciptakan penelitianpenelitian yang lebih baik dan nantinya sebagai tambahan referensi penelitian yang sejenis. hitungen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210301084;
dc.subjectInteraksi Edukatifen_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePengaruh Interaksi Edukatif Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS Semester Ganjil SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2016/2017)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record