dc.description.abstract | Kurikulum pendidikan terus dikembangkan dalam rangka memenuhi
kebutuhan manusia. Melalui perubahan kurikulum, diharapkan dapat menjawab
permasalahan tersebut. Salah satu usaha pemerintah yang saat ini dilakukan yaitu
melalui penerapan kurikulum 2013. Kerjasama yang baik harus dilaksanakan oleh
semua komponen pendidikan. Guru merupakan salah satu pihak yang sangat
berpengaruh dalam menjalankan proses pendidikan untuk dapat mencapai hasil
yang maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan
model problem-based learning (PBL)berbantuan media gambar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema “indahnya negeriku” di SD Al
Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Al
Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model
pembelajaran problem-based learning (PBL)berbantuan media gambar tema
“indahnya negeriku”.
Data dokumentasi yang diperoleh menunjukkan hasil belajar siswa
sebesar 66,4 (Lampiran F1) dengan kategori cukup, hal tersebut dikarenakan
siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi yang digunakan
untuk mengatasi hal tersebut yaitu melalui penerapan model Problem-Based
Learning (PBL). Model pembelajaran ini akan menambah semangat dan motivasi,
karena semua siswa akan terlibat aktif dalam kegiatan kelompok dan tugas
individu.
Penelitian dilaksanakan di SD Al Baitul Amien Jember. Waktu
pelaksanaan penelitian adalah semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada tema Indahnya Negeriku Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran 4. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Al Baitul Amien Jember
yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data
yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran
Problem-Based Learning (PBL)pada pembelajaran tema Indahnya Negeriku
Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 4 diperoleh hasil
yaitu skor afektif pada kegiatan prasiklus 66,4 dengan kategori cukup, siklus I
sebesar 75 dengan kategori baik, dan siklus II sebesar 82 kategori sangat baik,
sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 8,6, dari
siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 7. Hasil belajar kognitif siswa pada
kegiatan prasiklus sebesar 66,4 dengan kategori cukup, siklus I sebesar 73,9
dengan kategori baik, dan siklus II sebesar 81,8 dengan kategori sangat baik,
sehingga dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan 7,5, dari
siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 7,9. Psikomotorik siswa pada
kegiatan prasiklus sebesar 60,8 dengan kategori cukup, siklus I sebesar 74,8, dan
siklus II 80,7 dengan kategori sangat baik, sehingga dari kegiatan prasiklus ke
siklus I mengalami peningkatan 14, dari siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan 5,9.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
Problem-Based Learning (PBL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
tema Indahnya Negeriku subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
pembelajaran 4. Saran yang dapat diberikan bagi guru dari penelitian ini yaitu
semoga dapat dijadikan referensi dalam mengajar menggunakan model
pembelajaran Problem-Based Learning (PBL)untuk divariasikan dalam
pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan bagi peneliti lain
hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian
yang serupa dengan tema pembelajaran yang berbeda. | en_US |