Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorHutama, Fajar Surya
dc.contributor.authorMaulana, Ardian
dc.date.accessioned2017-11-16T02:00:05Z
dc.date.available2017-11-16T02:00:05Z
dc.date.issued2017-11-16
dc.identifier.nim130210204049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83259
dc.description.abstractPendidikan di SD merupakan peletakkan fondasi awal bagi terbentuknya karakter dari peserta didik. Karakter yang diharapkan tidak semata-mata terbentuk begitu saja melainkan melalui serangkaian proses yang saling berkaitan. Proses pembelajaran memerlukan adanya model pembelajaran yang mampu menggali potensi-potensi siswa, terutama kemampuannya dalam memecahkan suatu masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi, yang dilakukan di SDN Kebonsari 01 Jember diketahui proses pembelajaran di sana masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional khususnya di kelas Va. Hal ini dikarenakan kondisi guru kelas Va yang sedang sakit cukup lama, sehingga tidak memungkinkan untuk berdiri terlalu lama untuk mengajar. Proses pembelajarannyapun kurang menarik perhatian siswa, sehingga kondisi tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas Va. Setelah melakukan wawancara dan berkonsultasi dengan guru kelas Va, diketahui bahwa guru kelas menginginkan hasil belajar siswanya dapat meningkat. Setelah berkonsultasi dengan guru kelas mengenai model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan di kelas Va SDN Kebonsari 01 Jember, diketahui bahwa model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dikarenakan model ini belum pernah diterapkan sebelumnya. Model PBL merupakan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menggali potensi-potensi yang mereka miliki. Melalui penerapan model PBL siswa dilatih untuk lebih berpikir kritis dalam melihat persoalan yang ada dengan menemukan solusi dari masalah yang dihadapi, sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan dapat menemukan konsep-konsep yang dipelajari tanpa harus guru yang menjadi sumber informasinya. Untuk menunjang proses pembelajaran dengan model PBL digunakan media video dalam proses pembelajaran. Penggunaan media video dirasa sesuai karena dengan media video siswa langsung dihadapkan dengan permasalahan tanpa membayangkannya serta dapat menimbulkan rasa senang ketika siswa melihatnya. Tema yang dipilih untuk diterapkan model PBL berbantuan media video dalam proses pembelajarannya adalah Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia. Subtema Indonesiaku, bangsa yang kaya. Di dalam subtema tersebut terdapat mata pelajaran PPKn, Matematika, dan Bahasa Indonesia. Topik yang dibahas dalam tema tersebut adalah bentuk-bentuk perilaku yang menunjukkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia sehingga sangat cocok diterapakan model PBL berbantuan media video dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model PBL berbantuan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Va tema bangga sebagai bangsa Indonesia di SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2016/2017?; serta bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan model PBL berbantuan media video pada tema bangga sebagai bangsa Indoneisa kelas Va di SDN Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PBL berbantuan media video yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Va tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia di SDN Kebonsari 01 Jember dan Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas Va setelah penerapan model PBL berbantuan media video pada tema bangga sebagai bangsa Indonesia di SDN Kebonsari 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian PTK tahapan yang digunakan diawali dengan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian tindakan ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan laporan dan hasil pembahasan diketahui bahwa hasil penelitian menunjukkan penerapan model PBL berbantuan media video pada siswa kelas Va tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di SDN Kebonsari 01en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPBLen_US
dc.subjectMEDIA VIDEOen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA KELAS Va SDN KEBONSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record