Show simple item record

dc.contributor.authorYuli Amalia Sari
dc.date.accessioned2013-12-12T02:07:45Z
dc.date.available2013-12-12T02:07:45Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204136
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8323
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia, selain berbicara menulis dan menyimak adalah membaca. Keterampilan membaca salah satunya adalah membaca pemahaman. Membaca termasuk keterampilan yang harus diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa. Dari hasil observasi di SDN Sempusari 01, ditemukan hasil kemampuan membaca siswa masih rendah khususnya dalam hal membaca pemahaman. Pada saat siswa ditugaskan untuk membaca siswa masih belum bisa mengungkapkan apa yang telah dibaca, dan siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan ide dan gagasan utamanya dari bacaan. Stategi KWL adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, karena dengan menerapkan strategi KWL siswa dapat terlibat secara aktif untuk menemukan gagasan awal dari sebuah teks bacaan. Media gambar adalah sebuah media pembelajaran yang paling sederhana yang dapat digunakan sebagai salah satu strategi untuk melatih keterampilan membaca. Media gambar sangat menarik untuk siswa. Dengan mengamati gambar, siswa dapat dengan mudah mengungkapkan ide dan gagasannya. Selain itu gambar bukanlah hal yang asing bagi siswa dan lebih mudah membantu siswa memperjelas pemahaman tentang materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penggunaan strategi KWL dan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Sempusari 01; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Sempusari 01 setelah dilakukan penerapan strategi KWL menggunakan media gambar. Tujuan dari penelitian adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan strategi KWL dan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Sempusari 01; (2) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Sempusari 01 setelah dilakukan penerapan strategi KWL menggunakan media gambar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada 10 sampai 14 Januari 2012. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kegiatan siswa dalam berdiskusi dalam membaca cerita. Data hasil tes siklus I yang diperoleh yaitu persentase kemampuan membaca siswa mencapai 62 %. Kurangnya persentase kemampuan membaca siswa, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi KWL dan media gambar belum dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dengan adanya perbaikan pada siklus II,strategi KWL bisa dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Data yang diperoleh dari hasil tes siklus II yaitu persentase kemampuan membaca siswa mencapai 83 %. Jumlah siswa kelas III sebanyak 30 siswa, dengan 3 siswa yang mendapatkan nilai membaca di bawah SKM dan 27 siswa lainya mendapat nilai di atas SKM. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan strategi KWL dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.,karena siswa dapat menemukan ide dan gagasan terlebih dahulu yang kemudian dituangkan dalam cerita..Disarankan kepada guru kelas III, agar dapat menggunakan strategi KWL dan media gambar dalam pembelajaran membaca pemahaman.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204136;
dc.subjectPENERAPAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED, KETERAMPILAN MEMBACAen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) DAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN SEMPUSARI 01en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record