• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INDIKATOR 4C’s YANG SELARAS DENGAN KURIKULUM 2013 SMA KELAS X PADA MATERI TRIGONOMETRI

    Thumbnail
    View/Open
    Sita Nastiti Yuniar 130210101001.pdf sdh.pdf (3.304Mb)
    Date
    2017-11-08
    Author
    Yuniar, Sita Nastiti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Pendidikan diyakini banyak kalangan sebagai kunci keberhasilan masa depan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kualitas manusia dan pembangunan, senantiasa dikaitkan dengan pendidikan. Pada abad 21 mendatang tantangan tentang penguasaaan ilmu pengetahuan dan teknologi perlu ditingkatkan karena memiliki peran yang sangat penting bagi setiap individu maupun negara. Standar indikator yang diharapkan pada abad 21 adalah berfokus pada kemampuan berpikir tingkat tinggi karena nantinya pendidikan pada abad 21 akan didominasi oleh pendidikan yang berbasis teknologi. Indikator kemampuan inovasi dan pembelajaran matematika menurut Partnership 21th Century Learning (P21) disebut dengan 4C‟s yaitu critical thinking (berfikir kritis), communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi), dan creativity (kreatif). Untuk mengetahui sejauh mana program pendidikan di Indonesia, sejak tahun 2000 Indonesia telah bergabung dengan PISA. Sejak tahun 2000 PISA telah melakukan penilaian sebanyak 6 kali yaitu pada tahun 2000, 2003, 2006, 2009, 2012, dan 2015. Selama penilaian itu, Indonesia cenderung mengalami penurunan pada skor iterasi matematika. Hasil dari PISA tersebut juga tidak berbeda jauh dengan hasil studi TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). Dengan melihat hasil skor PISA dan hasil studi TIMSS, Indonesia masih berada dibawah rerata negara-negara OECD. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan dalam sistem pendidikan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menghasilkan indikator 4C‟s yang selaras dengan kurikulum 2013 SMA kelas X pada materi trigonometri.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83148
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository