Show simple item record

dc.contributor.advisorNa’im, Mohammad
dc.contributor.advisorSumardi
dc.contributor.authorVerlisya Putri Bunyamin, Litha
dc.date.accessioned2017-11-06T07:41:59Z
dc.date.available2017-11-06T07:41:59Z
dc.date.issued2017-11-06
dc.identifier.nimNIM 120210302067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83052
dc.description.abstractBerdasarkan permasalahan yang telah dirumuskan oleh peneliti tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu melalui penggunaan gambar dan metode probing prompting sebagai media pembelajaran sejarah, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran sejarah mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2016/2017 dari pra siklus, siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada pra siklus diperoleh skor akhir 49,14% meningkat pada siklus 1 dengan skor 55,40% yang dinyatakan kemmapuan berpikir krtitis masih rendah dan meningkat pada siklus 2 dengan skor 64,18% yang dinyatakan cukup kritis serta meningkat pada siklus 3 dengan skor 72,09% yang dinyatakan cukup kritis. 2) Penggunaan gambar sebagai media pembelajaran sejarah mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu tahun ajaran 2016/2017. Persentase hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif peserta didik pada siklus 1 memperoleh 74,81%, pada siklus 2 memperoleh persentase 77,40% sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,01% dan pada siklus 3 memperoleh persentase 84,97% sehingga mengalami peningkatan 14,81%. Berdasarkan hasil analisis data pada pelaksanaan siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 dapat dinyatakan bahwa hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN Ambulu dengan penggunaan media gambar dan metode probing prompting pembelajaran dapat meningkat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENERAPAN METODE PROBING PROMPTINGen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PROBING PROMPTING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 SMAN AMBULU SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record