dc.description.abstract | Pandangan dunia merupakan kajian untuk memahamikarya sastra dan
hubungannyadenganmasyarakat.Pengkajianpandanganduniamenjadisangatpenting,
disebabkanpandanganduniamerupakanhalyangmenghubungkansecaralangsung
denganmasyarakat.Sehubungandenganhaltersebut,naskahdrama RTNolRW Nol
karyaIwanSimatupangmenarikuntukdikajidenganteoristrukturalismegenetik,karena
sangatmenunjukkan perhatian terhadap keadaan sosialpadasaatkaryatersebut
diciptakan.Halinididasarkan pada karya Iwan dengan tema kegelandangan dan
masalah kenegaraan dipengaruhi oleh penyaksian Iwan Simatupang terhadap
perjalanansejarahIndonesiayangrumitkarenakondisikemiskinandanketidakstabilan
keamanannegara.Selainitu,jugadipengaruhioleheksistensialismeyangdianutoleh
Iwan.PengkajiannaskahdramaRTNolRW Nolmelaluistrukturalismegenetikdiawali
denganmemahamiunsurintrinsik,yaknipenokohandantemayangpentingdalam
mendukunguntukmengungkapkanpandanganduniaIwanSimatupang.Hasilpenelitian
tersebutdapatdigunakan sebagaialternatifmateripembelajaran sastra diSMA.
Rumusanmasalahpenelitianiniadalah(1)Bagaimanakahunsurintrinsikdalam naskah
dramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupangyangmeliputipenokohandantema?;(2)
BagaimanakahpandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam naskahdrama
RTNolRW NolkaryaIwanSimatupang;(3)Bagaimanakahpemanfaatanhasilpenelitian
naskah dramaRT NolRW Nolkarya Iwan Simatupang sebagaialternatifmateri
pembelajaransastradiSMAkelasXI?.
Jenis dan rancangan penelitian iniadalah kualitatif-dekriptifstrukturalisme
genetik.SumberdatapenelitianmencakupnaskahdramaRTNolRW NolkaryaIwan
Simatupangdansilabuskurikulum 2013tingkatSMAkelasXIsemester2.Datadalam penelitianinimencakuppenggalanperistiwaberwujudkata-kata,kalimatdalam dialog
danlakuanyangterdapatdalam naskahdramaRTNolRW NolkaryaIwanSimatupang.
Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahteknikdokumentasidanwawancara.
Teknik analisis data terdiridaritujuh tahap,yaknimembaca,pereduksian data,
penyajian data, prosedur analisis data, penafsiran data, penyusunan materi
pembelajaran,danpenarikankesimpulan.
Hasildalam penelitianmenunjukkanbahwa,(1)Penokohandalam dramaRTNol
RW NolkaryaIwanSimatupangmenunjukkanbahwapenokohanmasing-masingtokoh
ceritadigambarkandenganpandangansikap-sikapnyadalam menyikapipandangan
masyarakatdantindakanpemerintah,sehinggamelaluipelukisantokohinitercermin
misipengarangataupandanganduniapengarangdalam menyikapipermasalahandi
sekitarnya.Tema yang terdapatdalam dramaRT NolRW Nolialah keberadaan
gelandangan.(2)PandanganduniaIwanSimatupangyangterefleksidalam dramaRT
NolRW Nolterdapat2 hal,yaitu;pandangan dunia Iwan Simatupang tentang
pemaknaan gelandangan dan masalah keamanan negara.Pandangan dunia Iwan
Simatupangtentangpemaknaangelandangandapatdikategorikanmenjadi2,yakni
pemaknaangelandanganberdasarkanperhatianIwanSimatupangkondisimasyarakat
dan gelandangan sebagairepresentasidaripengarang.Pandangan Dunia Iwan
Simatupangtentangmasalahkeamanannegaramerupakancerminanmasaordelama
yang terdapatkrisis nasionalhingga ke bidang keamanan dan ekonomiyang
ditunjukkanadanyakejahatan.(3)Hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif
materipembelajaransastradiSMAkelasXIsemester2padakurikulum 2013.KDyang
dijadikanacuanadalahKD4.1:Menginterpretasimaknateksfilm/dramabaiksecara
lisanmaupuntulisan.Siswadangurudapamembacanaskahdrama RTNolRW Nol
untukdapatdigunakansebagaialternatifmateripembelajaran.Adapunlangkah-langkah
pembelajaran yaitu: siswa diarahkan untukberdiskusisecara berkelompokuntuk
mengidentifikasiunsurintrinsik(penokohandantema)teksnaskahdramaRTNolRW
Noldan unsurekstrinsiknya,sertamenjelaskanhasildiskusitentangmaknateks
dramatersebutdidepankelassecaralisan.Melaluikegiatantersebut,siswadiharapkan
memilikipemahaman tentang wawasan kehidupan yang dapatditerapkan dalam kehidupansehari-hari.
Saran dalam penelitian iniyaitu:(1)Bagimahasiswa PBSI,dapatdigunakan
sebagaibahandalam mempelajaristrukturalismegenetik.(2)Bagigurumatapelajaran
BahasadanSastraIndonesia,hasilpenelitianinidapatdigunakansebagaialternatif
materipembelajaransastra,khususnyamateriinterpretasimaknateksdrama.(3)Bagi
penelitiselanjutnyayangsebidangilmu,dapatmengembangkanpenelitiantentang
pemanfaatansebagaialternatifmateripembelajaransebagaialternatifteksfilm yang
belum terpenuhidalam pengkajianteksdrama. | en_US |