Show simple item record

dc.contributor.authorAnnur Rofiq
dc.contributor.authorEka Wahyuningsih
dc.date.accessioned2013-12-12T01:28:13Z
dc.date.available2013-12-12T01:28:13Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8290
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractSejak dikenalkarrnya penggunaan komputer dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran pada awal tahun 1960-an perkembangan pemanfaatan komputer di sekolah-sekolah semakin cepat dan penggunanya semakin luas. Manfaat penggunaan komputer dalam pembelajaran adalah meningkatkan komitmen belajar siswa, meningkatkan tingkat pencapaian belajar, mendukung kegiaan belajar mandiri, dan memperbaiki sikap dan tingkah laku siswa dalam beiajar. Untuk memperoleh manfaat tersebut komputer perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan memperhatikan faktor-faktor pengelolaan sarana dan prasarana, intergrasi komputer ke dalam kurikulum sekolah, dan peran aktif guru. Pemanfaatan komputer di sekolah-sekolah, utamanya di SMA Negeri Kotatif Jember belum teridentifikasi dengan baik. Berdasarkan kenyataan tersebut, dan memperhatikan manfaat penggunaan komputer dalam kegiatan pembelajaran, penelitian untuk mengetahui pemanfaatan komputer di SMA kotatif Jember perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengenali kondisi pemanfaatan komputer yang sebenarnya sehingga apabila ditemukan bahwa pengelolaan dan pemanfaatan komputer belum optimal, maka bisa dicarikan solusi bagi pemanfaatan komputer yang lebih efektif dan efisien. Secara khusus, penelitian ini bertujuan ,untuk mendapatkan data dan informasi tentang: (1) ketersediaan fasilitas komputer di SMA Negeri Kotatif Jember untuk pendidikan; (2) sejauh mana pemanfaatan komputer di SMA Negeri Kotatif Jember untuk pendidikan (3) sejauh mana guru SMA Negeri Kotatif Jember memanfaatkan komputer untuk kegiatan pembelajaran, dan (4) sejauhmana integrasi komputer kedalam kurikulum sekolah SMA Negeri Kotatif Jember. Dengan diperolehnya data dan informasi tersebut di atas, akan diperoleh gambaran tentang pemanfaatan komputer di SMA Negeri Kotatif Jember. subyek penelitian adalah seluruh SMA Negeri (sejumlah 5 sekolah) yang berada di Kotatif Jember Responden penelitian yang minjadi sumber data dan informasi terdiri dari (1) kepala sekolah atau wakilnya, (2) guru atau instrukur komputer atau kepala unit komputer sekolah dan (3) guru bidang studi sebagai pengguna komputer yang potensial. Penentuan guru sebagai responden dilakukan secara acak. Jumlah responden dari guru secara keseluruhan adalah 66 yang berasal dari 5 SMA Negeri. Teknik pengumpulan data dan informasi yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Data dan informasi yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif dengan menarasikan informasi yang disampaikan oleh responden sesuai dengan kelompok substansi yang menjadi fokus penelitian.en_US
dc.description.sponsorshipPENELITIAN DIPA_2006en_US
dc.publisherFKIP '06en_US
dc.subjectKOMPUTERen_US
dc.subjectSMA Negerien_US
dc.titleBELAJAR TENTANG KOMPUTER ATAU BELAJAR DENGAN KOMPUTER (STUDI KASUS PEMANFAATAN KOMPUTER DI SMA NEGERI KOTATIF JEMBER)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record