• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    BELAJAR TENTANG KOMPUTER ATAU BELAJAR DENGAN KOMPUTER (STUDI KASUS PEMANFAATAN KOMPUTER DI SMA NEGERI KOTATIF JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Annur Rofiq.pdf (5.228Mb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Annur Rofiq
    Eka Wahyuningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sejak dikenalkarrnya penggunaan komputer dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran pada awal tahun 1960-an perkembangan pemanfaatan komputer di sekolah-sekolah semakin cepat dan penggunanya semakin luas. Manfaat penggunaan komputer dalam pembelajaran adalah meningkatkan komitmen belajar siswa, meningkatkan tingkat pencapaian belajar, mendukung kegiaan belajar mandiri, dan memperbaiki sikap dan tingkah laku siswa dalam beiajar. Untuk memperoleh manfaat tersebut komputer perlu dikelola dan dimanfaatkan dengan memperhatikan faktor-faktor pengelolaan sarana dan prasarana, intergrasi komputer ke dalam kurikulum sekolah, dan peran aktif guru. Pemanfaatan komputer di sekolah-sekolah, utamanya di SMA Negeri Kotatif Jember belum teridentifikasi dengan baik. Berdasarkan kenyataan tersebut, dan memperhatikan manfaat penggunaan komputer dalam kegiatan pembelajaran, penelitian untuk mengetahui pemanfaatan komputer di SMA kotatif Jember perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk mengenali kondisi pemanfaatan komputer yang sebenarnya sehingga apabila ditemukan bahwa pengelolaan dan pemanfaatan komputer belum optimal, maka bisa dicarikan solusi bagi pemanfaatan komputer yang lebih efektif dan efisien. Secara khusus, penelitian ini bertujuan ,untuk mendapatkan data dan informasi tentang: (1) ketersediaan fasilitas komputer di SMA Negeri Kotatif Jember untuk pendidikan; (2) sejauh mana pemanfaatan komputer di SMA Negeri Kotatif Jember untuk pendidikan (3) sejauh mana guru SMA Negeri Kotatif Jember memanfaatkan komputer untuk kegiatan pembelajaran, dan (4) sejauhmana integrasi komputer kedalam kurikulum sekolah SMA Negeri Kotatif Jember. Dengan diperolehnya data dan informasi tersebut di atas, akan diperoleh gambaran tentang pemanfaatan komputer di SMA Negeri Kotatif Jember. subyek penelitian adalah seluruh SMA Negeri (sejumlah 5 sekolah) yang berada di Kotatif Jember Responden penelitian yang minjadi sumber data dan informasi terdiri dari (1) kepala sekolah atau wakilnya, (2) guru atau instrukur komputer atau kepala unit komputer sekolah dan (3) guru bidang studi sebagai pengguna komputer yang potensial. Penentuan guru sebagai responden dilakukan secara acak. Jumlah responden dari guru secara keseluruhan adalah 66 yang berasal dari 5 SMA Negeri. Teknik pengumpulan data dan informasi yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Data dan informasi yang telah dikumpulkan diolah secara deskriptif dengan menarasikan informasi yang disampaikan oleh responden sesuai dengan kelompok substansi yang menjadi fokus penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8290
    Collections
    • LRR-Hibah Peneitian Lain-lain [79]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository