dc.description.abstract | Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen salah
satunya yaitu etika bisnis, dimana nilai etika bisnis tersebut di implementasikan
oleh setiap pelaku bisnis dan dipertanggungjawabkan demi keberlangsungan
usahanya. Ciri-ciri pelaku usaha yang menerapkan etika bisnis yaitu bersikap jujur
dalam menjalankan usahanya, adil dalam memperakukan konsumen dan siap
bertanggungjawab atas semua tindakan yang diambilnya. Adanya etika bisnis
yang diterapkan dengan baik oleh pelaku usaha akan membuat keuntungan
tersendiri bagi pelaku bisnis. Hal tersebut juga terjadi pada UD. Sumber Jaya
yaitu kios yang menjual barang pecah belah yang ada dipasar Mimbaan Situbondo
yang berdiri sejak tahun 70 an. Dimana UD. Sumber Jaya menerapkan etika bisnis
yang tinggi meliputi jujur dalam menjual barang, adil dalam memperlakukan
konsumen dan ramah dalam melayani konsumen, maka diharapkan akan
meningkatkan kepuasan konsumen UD. Sumber Jaya yang akan membuat
konsumen membeli kembali diwaktu yang akan datang dan merekomendasikan
UD. Sumber Jaya terhadap orang lain. Maka tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan etika bisnis UD. Sumber
Jaya terhadap kepuasan konsumen dipasar Mimbaan Situbondo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan populasi sebanyak 210 dan ditarik sampel sebanyak 68
responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu
analisis inferensial yang terdiri dari persamaan regresi linier sederhana, analisis
varian garis regresi, efektifitas garis regresi dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika bisnis UD. Sumber Jaya
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen di pasar
Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Hasil pengolahan data
dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan yaitu Fhitung = 140.527> Ftabel
= 3.9819 dengan tingkat signifikan F = 0,000<α = 0,05 dan koefisien determinasi
(Rsquare) sebesar 0,680 atau 68% sedangkan sisanya 32% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak dianalisis dalam penelitian antara lain harga, kualitas produk dan
lainnya. | en_US |