Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorHidayatullah, Exa Hadi
dc.date.accessioned2017-10-30T03:52:43Z
dc.date.available2017-10-30T03:52:43Z
dc.date.issued2017-10-30
dc.identifier.nim130210204125
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82858
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 02 Desember 2016, guru kelas IV di SDN Jember 02 Jember masih belum menjalankan perannya dengan baik. Pembelajaran masih bersifat berpusat pada guru (teacher centered) karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan pada saat pembelajaran, sehingga guru menjadi sumber belajar utama bagi siswa. Hal tersebut cenderung membuat siswa pasif, merasa jenuh, kurang antusias mengikuti proses pembelajaran, serta lambat dalam menyerap konsep yang disampaikan, sehingga berdampak kurang optimalnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan manusia di SDN Jember Kidul 02. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Jember Kidul 02 pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan manusia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Jember Kidul 02 pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan manusia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan menggunakan 4 metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 46 orang, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 17,2 dari 65 (cukup aktif) pada siklus I menjadi 82,2 (aktif) pada siklus II. Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,5 dari 69,7 (cukup) pada siklus I menjadi 80,2 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan dari hasil penelitian disarankan bagi guru diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi pihak sekolah, hasil penelitian ini dapat diinformasikan pada guru-guru untuk dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk peneliti lain, disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan refrensi untuk mengembangkan penelitian khususnya untuk upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan IPA yang berbeda ataupun mata pelajaran yang lainnya, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diinginkan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.subjectNHTen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN MANUSIA DI SDN JEMBER KIDUL 02en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record