Show simple item record

dc.contributor.advisorHasanudin, Akhmad
dc.contributor.advisorKriswardhana, Willy
dc.contributor.authorIndirasari, Erli
dc.date.accessioned2017-10-30T03:26:15Z
dc.date.available2017-10-30T03:26:15Z
dc.date.issued2017-10-30
dc.identifier.nim131910301124
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82851
dc.description.abstractBandar Udara Blimbingsari merupakan Bandar Udara yang terletak di Desa Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bandar Udara Blimbingsari sampai saat ini terus mengalami peningkatan jumlah penumpang dan kemajuan. Bandar Udara Blimbingsari juga akan segera didarati oleh pesawat jenis Boeing 737. Frekuensi penerbangan menuju Bandara Blimbingsari bertambah (dua kali sehari menjadi tiga kali sehari). Dampak dari kemajuan tersebut adalah semakin padatnya arus lalu lintas menuju Bandar Udara Blimbingsari, yaitu Jalan Blimbingsari. Oleh karena itu dibangunlah jalan alternatif baru menuju Bandara Blimbingsari. Jalan ini nantinya digunakan sebagai jalur peralihan dimana lalu lintas akan dialihkan ke jalur ini apabila ada kegiatan kebudayaan dan perlombaan yang mengharuskan untuk dilakukan penutupan pada jalur utama. Tujuan penelitin adalah mengetahui tebal perkerasan kaku (rigid pavement) bersambung dengan tulangan (jointed reinforced concrete pavement) untuk jalan baru Kabat-Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi untuk umur rencana 40 tahun. Perencanaan tebal perkerasan kaku menggunakan metode Binamarga, SNI Binamarga,2003. Data yang diperlukan dalam merencanakan tebal perkerasan kaku adalah CBR (California Bearing Ratio) dan LHR (Lintas Harian Rata- Rata). Data CBR tanah diperoleh dari tes DCP pada daerah Kabat-Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi. Nilai CBR tanah setelah tes DCP adalah 10%. Data LHR diperoleh dari Dinas Perhubungan dan Komunikasi Kabupaten Banyuwangi tahun 2015. Perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan, dengan ketebalan pelat beton yang direncanakan untuk jalan baru Kabat-Bandara Blimbingsari adalah 16,5 cm. Pondasi bawah menggunakan bahan pengikat dengan ketebalan 10 cm. Tulangan yang digunakan adalah wire mesh dengan diameter ø 7,1-200 mm. Sambungan yang digunakan adalah dowel dan tie bar, dengan diameter masing masing adalah 25 mm dan 12 mm, panjang 450 mm dan 600 mm, dan jarak pemasangan yaitu 300 mm dan 750 mm.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerkerasan Kaku (Rigid Pavement)en_US
dc.subjectBandar Udara Blimbingsari Banyuwangien_US
dc.titlePERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA JALAN BARU KABAT-BANDARA BLIMBINGSARI, KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record