• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERENCANAAN PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA JALAN BARU KABAT-BANDARA BLIMBINGSARI, KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Erli Indirasari_1.pdf (3.935Mb)
    Date
    2017-10-30
    Author
    Indirasari, Erli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bandar Udara Blimbingsari merupakan Bandar Udara yang terletak di Desa Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bandar Udara Blimbingsari sampai saat ini terus mengalami peningkatan jumlah penumpang dan kemajuan. Bandar Udara Blimbingsari juga akan segera didarati oleh pesawat jenis Boeing 737. Frekuensi penerbangan menuju Bandara Blimbingsari bertambah (dua kali sehari menjadi tiga kali sehari). Dampak dari kemajuan tersebut adalah semakin padatnya arus lalu lintas menuju Bandar Udara Blimbingsari, yaitu Jalan Blimbingsari. Oleh karena itu dibangunlah jalan alternatif baru menuju Bandara Blimbingsari. Jalan ini nantinya digunakan sebagai jalur peralihan dimana lalu lintas akan dialihkan ke jalur ini apabila ada kegiatan kebudayaan dan perlombaan yang mengharuskan untuk dilakukan penutupan pada jalur utama. Tujuan penelitin adalah mengetahui tebal perkerasan kaku (rigid pavement) bersambung dengan tulangan (jointed reinforced concrete pavement) untuk jalan baru Kabat-Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi untuk umur rencana 40 tahun. Perencanaan tebal perkerasan kaku menggunakan metode Binamarga, SNI Binamarga,2003. Data yang diperlukan dalam merencanakan tebal perkerasan kaku adalah CBR (California Bearing Ratio) dan LHR (Lintas Harian Rata- Rata). Data CBR tanah diperoleh dari tes DCP pada daerah Kabat-Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi. Nilai CBR tanah setelah tes DCP adalah 10%. Data LHR diperoleh dari Dinas Perhubungan dan Komunikasi Kabupaten Banyuwangi tahun 2015. Perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan, dengan ketebalan pelat beton yang direncanakan untuk jalan baru Kabat-Bandara Blimbingsari adalah 16,5 cm. Pondasi bawah menggunakan bahan pengikat dengan ketebalan 10 cm. Tulangan yang digunakan adalah wire mesh dengan diameter ø 7,1-200 mm. Sambungan yang digunakan adalah dowel dan tie bar, dengan diameter masing masing adalah 25 mm dan 12 mm, panjang 450 mm dan 600 mm, dan jarak pemasangan yaitu 300 mm dan 750 mm.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82851
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository