Show simple item record

dc.contributor.authorPuput Puji Lestari
dc.date.accessioned2013-12-12T00:48:54Z
dc.date.available2013-12-12T00:48:54Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204213
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8281
dc.description.abstractAktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga/ media jarang sekali digunakan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun Pelajaran 2011/2012?” dan “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pokok bahasan kenampakan alam melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dilaksanakan di SDN 08 Kaligondo Banyuwangi dimulai pada tanggal 24 November 2011 sampai dengan 02 Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model skema yang berbentuk spiral dari Kemmis dan McTaggart dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa dalam pra siklus, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran CTL, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan. Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS dengan model pembelajaran CTL menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 66,43%, dan pada siklus II mencapai 76,19%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,76% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 45,00%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 70,00%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 90,00%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 45% dari pra siklus ke siklus II dan 20% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Kaligondo Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian, melalui penerapan model pembelajaran CTL dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204213;
dc.subjectPELAJARAN IPS , MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUALen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS IV SDN 08 KALIGONDO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record