Show simple item record

dc.contributor.advisorSUPENO, Bambang
dc.contributor.advisorHUM, Sumardi, M.
dc.contributor.authorSISWANTO
dc.date.accessioned2017-10-28T03:43:45Z
dc.date.available2017-10-28T03:43:45Z
dc.date.issued2017-10-28
dc.identifier.nimNIM140220303006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82811
dc.description.abstractHasil angket analisis kebutuhan yang disebar pada peserta didik kelas XI diperoleh data sebanyak 76,45% peserta didik memanfaatkan sumber belajar buku paket dan LKS yang diberikan oleh pihak sekolah sedangkan 23,55% memanfaatkan teknologi internet dan elektronik sebagai tambahan materi pembelajaran IPS. Berdasarkan angket karakteristik peserta didik didapatkan hasil bahwa peserta didik memiliki gaya belajar visual sebesar 75%, gaya belajar audio sebesar 60%, dan gaya belajar kinestetik sebesar 50%. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan data tersebut, bahwa peserta didik memiliki kecenderungan untuk belajar secara visual. Macromedia Flash dalam memadukan antara foto, animasi, video maupun suara menjadi satu kesatuan dalam sebuah scene atau frame animasi ini yang dapat membuat pembelajaran sejarah lebih menarik bagi peserta didik dan dapat membantu guru untuk mempermudah dalam penyampaian pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana prosedur pengembangan bahan ajar dengan menggunakan Macromedia Flash pada proses pembelajaran IPS di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari?; ( 2) bagaimana bentuk pengembangan bahan ajar dengan menggunakan Macromedia Flash yang efektif dan efisien pembelajaran IPS di SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan Macromedia Flash pada proses pembelajaran IPS di kelas XI Macromedia SMK Islam Bustanul Ulum Pakusari; (2) menghasilkan suatu bahan ajar yang mudah dipahami oleh peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran IPS. Manfaat yang di harapkan dari penelitian ini adalah (1) bagi peserta didik,dapat memperoleh informasi, menyesuaikan informasi sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru khususnya dalam pembelajaran sejarah; (2) bagi peneliti,menambah pengetahuan dalam proses pembelajaran terutama dalam penggunaan media elektronik dalam pembelajaran Sejarah; (3) bagi guru bidang studi Sejarah; (4) memberi bantuan untuk dapat menggunakan bahan ajar yang tepat dalam pelajaran Sejarah; (5) bagi sekolah,dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan output yang bagus dalam pembelajaran di sekolah sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan; (6) bagi pembelajaran, dapat memberikan sumbangan berupa media pembelajaran yang dapat meningkatkan proses pembelajaran sesuai dengan teknologi yang berkembangan. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian pengembangan (Development Reseacrh). Desain penelitian ini menggunakan model ASSURE Model pengembangan Assure berisi langkah-langkah yaitu: (1) menganalisis pebelajar; (2) menyatakan standar dan tujuan; (3) memilih strategi, teknologi, media, dan materi; (4) menggunakan teknologi, media, dan materi; (5) mengharuskan partisipasi pebelajar; (6) mengevaluasi dan merevisi. Hasil validasi untuk ahli materi pembelajaran memperoleh prosentase sebesar 92,17% masuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi untuk ahli Media pembelajaran memperoleh prosentase sebesar 95,81% masuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi untuk ahli bahasa memperoleh prosentase sebesar 94% masuk kedalam kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji t nonindependent sample test yaitu signifikansi (P < 0,000; df = 34; t = -17,785), dengan selisih perbedaan antara Pretest dan Postest sebesar -30.42865. Nilai negatif pada selisih keduannya menunjukkan pretest lebih rendah daripada postest. Artinya dengan adanya pengembangan bahan ajar Macromedia Flash dengan menggunakan ASSURE mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 30.42865 dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Hasil analisis keefektifan relatif dari bahan ajar Macromedia Flash jika digunakan dalam pembelajaran adalah 61,237 %, berdasarkan tabel keefektifan relatif hasil ini masuk dalam efektifitas sedang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140220303006;
dc.subjectBAHAN AJAR BERBASISen_US
dc.subjectMACROMEDIA FLASHen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPSen_US
dc.subjectKELAS XI SMK ISLAM BUSTANUL ULUM DENGAN MODEL ASSUREen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS XI SMK ISLAM BUSTANUL ULUM DENGAN MODEL ASSUREen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record