dc.description.abstract | Penggunaan media pembelajaran harus disesuaikan dengan tuntutan
kurikulum dan tingkat kemajuan serta kematangan siswa. Media pembelajaran yang
dipakai hendaknya menggunakan media yang murah, mudah dibuat atau di dapat,
efisien serta mampu dimiliki oleh warga sekolah. Penggunaan media secara umum
dapat mengatasi hambatan komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dapat
berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Hambatan komunikasi yang dimaksud
adalah perhatian yang bercabang misalnya : tidak dapat memusatkan perhatian,
ingatan yang terpakai dalam hal menarik perhatian siswa sebelumnya seperti
melamun, menghayal.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari tahun
pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Kondisi yang terjadi
pada siswa kelas VI bahwasannya hasil belajar Bahasa Indonesia yaitu menulis
naskah pidato masih rendah. Ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa
cenderung malas mengerjakan sendiri lebih suka mencontek atau mengerjakan asal
tulis dengan alasan tidak bisa, serta pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang
berprestasi. Cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka
digunakan media pembelajaran yang menyenangkan yaitu media pembelajaran Audio
Visual. Media pembelajaran Audio Visual merupakan media pembelajaran khusus
mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam rangka menulis naskah pidato.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan
media audio visual dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah pidato siswa
kelas VI SDN Karang Kedawung 03 Mumbulsari tahun pelajaran 2011- 2012 ?, (2)
Bagaimanakah hasil keterampilan menulis naskah pidato siswa kelas VI SDN Karang
Kedawung 03 dengan penerapan media audio visual setelah dilakukan pembelajaran
?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas
VI SDN Karang Kedawung 03 dalam menulis naskah pidato dengan penerapan media
audio visual, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Karang Kedawung
03 dalam menulis naskah pidato dengan penerapan media audio visual setelah
dilakukan pembelajaran.
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan
Media Audio Visual yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
menulis naskah pidato pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kegiatan penelitian ini
dilaksanakan dalam beberapa tahap. Kegiatan diawali dengan studi pendahuluan dan
merumuskan permasalahan. Selanjutnya melaksanakan tindakan, mengadakan
pengamatan, dan merefleksi tindakan. Berdasarkan refleksi dan tindakan siklus 1
selanjutnya dibuat perencanaan tindakan-tindakan pada siklus berikutnya. Kegiatan
pada siklus 2 adalah pelaksanaan tindakan berdasarkan pada siklus 1.
Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) bagi siswa, diharapkan harus
lebih aktif dalam kegiatan belajar menulis sehingga dapat meningkatkan keterampilan
menulisnya, serta berusaha lebih giat belajar untuk mengejar cita-cita, (2) bagi guru,
diharapkan mampu menerapkan media audio visual dalam meningkatkan
keterampilan menulis siswa, (3) bagi lembaga pendidikan atau sekolah yang terkait,
diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi guru kelas lain di SDN Karang
Kedawung 03 Mumbulsari hendaknya dapat menerapkan media audio visual dalam
menulis naskah pidato dan mencatat informasi penting yang terdapat dalam media
audio visual karena telah terbukti dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, (4)
bagi peneliti lain, hendaknya dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan
hasil baru dan mengarah pada kebaikan hingga akhirnya benar-benar dapat
bermanfaat bagi banyak orang. | en_US |