Show simple item record

dc.contributor.authorManggi Asih Myrnawati
dc.date.accessioned2013-12-12T00:33:13Z
dc.date.available2013-12-12T00:33:13Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204172
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8276
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya di bidang studi IPA. Aktivitas belajar siswa memegang peranan penting dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan, ditemukan aktivitas belajar siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari data hasil observasi awal diperoleh 43,75% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru; 44,79% siswa yang aktif mencatat; 33,33% siswa yang aktif bertanya; dan 37,5% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata aktivitas belajar siswa 39,84%, untuk hasil belajar IPA siswa dari 32 siswa 37,5% mendapat skor di bawah 50; 40,6% mendapatkan skor antara50-75; dan hanya 21,8% siswa mendapatkan skor di atas 75. Salah satu metode yang relevan diterapkan dalam pembelajaran IPA adalah Model Kooperatif Tipe Learning Together Disertai Presentasi Tugas. Model ini merupakan salah satu model yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA siswa melalui model kooperatif tipe Learning Together disertai presentasi Tugas pada siswa kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan?; (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan belajar IPA siswa melalui model kooperatif tipe Learning Together disertai presentasi tugas pada siswa kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan? sedangkan tujuan sebagai berikut: (1) meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa menggunakan model kooperatif tipe Learning Together disertai presentasi tugas pada siswa kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan; (2) meningkatkan ketuntasan belajar IPA siswa menggunakan model kooperatif tipe Learning Together disertai presentasi tugas pada siswa kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan yang didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah”penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan post-test. Teknik analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian; (2) persentase aktivitas belajar untuk menentukan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II; (3) persentase ketuntasan hasil belajar untuk menentukan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil analisis data yang diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan perlakuan adalah 39,84% sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan perlakuan pada siklus I mengalami peningkatan adalah 50,30%. Pada siklus II aktivitas belajar secara klasikal menjadi 68,54%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum perlakuan adalah 28,12%, pada siklus I sebesar 56,25% dan pada siklus II sebesar 87,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan model kooperatif tipe learning together disertai presentasi tugas dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa pada siswa kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan; (2) penerapan model kooperatif tipe learning together disertai presentasi tugas dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar IPA siswa pada siswa kelas IV SDN Tanah Wulan 01 Maesan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204172;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR, MODEL KOOPERATIF TIPE LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DISERTAI PRESENTASI TUGAS PADA SISWA KELAS IV SDN TANAH WULAN 01 MAESANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record