Show simple item record

dc.contributor.authorIka Diniawati Fitria
dc.date.accessioned2013-12-12T00:21:05Z
dc.date.available2013-12-12T00:21:05Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204173
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8273
dc.description.abstractHasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi, cara ini membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash pada siswa kelas III SDN Gebang 04 Tahun Pelajaran 2011-2012?; (2) bagaimanakah peningkatan ketuntasan belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash pada siswa kelas III SDN Gebang 04 Tahun Pelajaran 2011-2012. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash; (2) untuk meningkatkan ketuntasan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gebang 04 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus. Pada 2 siklus tersebut dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan belajar, berturut-turut menggunakan rumus: n E . %100x N ix A Pa dan %100x N Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II secara berurutan yaitu 56,53% (kategori aktif) dan 80,44% (kategori sangat aktif). Dari analisis data hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal dan individu yaitu terdiri dari prasiklus sebesar 56,52% (kategori belum tuntas secara klasikal) dengan 13 siswa belum tuntas; siklus I sebesar 78,26% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 5 siswa belum tuntas; dan siklus II sebesar 91,3% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 2 siswa belum tuntas. Dari hasil analisis data tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash mengalami peningkatan; (2) ketuntasan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash menjadi meningkat. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah: a) bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Numbered Head Structure dengan media animasi flash sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang maksimal; b) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan; c) bagi lembaga, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Gebang 04.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204173;
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR , MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD STRUCTUREen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD STRUCTURE DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH UNTUK SISWA KELAS III SDN GEBANG 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record