Show simple item record

dc.contributor.authorLAILI NUR FADILAH
dc.date.accessioned2013-08-22T06:30:44Z
dc.date.available2013-08-22T06:30:44Z
dc.date.issued2013-08-22
dc.identifier.nimNIM070210102100
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/826
dc.description.abstractPendidikan merupakan investasi atau aset yang berharga bagi setiap orang. Dimana investasi akan dapat meningkatkan nilai manusia dengan kualitas pendidikan yang bermutu. Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang menerangkan berbagai gejala kejadian alam, yang memungkinkan penelitian dengan percobaan, pengukuran apa yang didapat, penyajian secara matematis dan berdasarkan peraturan-peraturan umum. Fisika tidak hanya berisi tentang teori-teori atau rumus-rumus untuk dihafal, akan tetapi dalam fisika berisi banyak konsep yang harus dipahami secara mendalam. Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan khususnya fisika, maka perlu diadakan adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar siswa dan interaksi antara siswa dan guru. Salah satu perubahan paradigma pembelajaran tersebut adalah pembelajaran yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered), metodologi yang semula didominasi ekspositori berganti ke partisipatori dan pendekatan yang semula lebih bersifat tekstual berubah menjadi kontekstual. Pembelajaran yang memiliki kriteria seperti tersebut salah satunya adalah model pembelajaran POE disertai performance assessment. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) dengan performance assessement dan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMP (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) dengan performance assessement selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model POE (Preedict- Observe-Explain) dengan performance assessement dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika dengan model POE (Preedict- Observe-Explain) dengan performance assessement dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gumukmas. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan random post-test only. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan t tes SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk menguji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Dari hasil perhitungan menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,004 atau < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control (Ha diterima, Ho ditolak). Hasil analisis aktivitas diperoleh bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan kelas eksperimen secara klasikal adalah 81,53%, dengan kriteria persentase aktivitas tergolong sangat aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) disertai performance assessement dengan model konvensional pada kelas VIII SMPN 1 Gumukmas tahun ajaran 2011/2012 dan 2) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model POE (Preedict-Observe-Explain) dengan performance assessement baik dimana aktivitas siswa termasuk dalam kategori sangat aktif yaitu dengan rata-rata 81,53%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102100;
dc.subjectPOE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) ,PERFORMANCE ASSESSMENT )en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record