Show simple item record

dc.contributor.advisorSURATNO
dc.contributor.advisorNARULITA, Erlia
dc.contributor.authorARIFAH, Zainatuh
dc.date.accessioned2017-10-26T01:40:11Z
dc.date.available2017-10-26T01:40:11Z
dc.date.issued2017-10-26
dc.identifier.nimNIM130210103066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82657
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script dalam pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script dalam pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa IPA-biologi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui observasi kegiatan belajar mengajar, keterampilan proses, dan hasil belajar afektif siswa, dokumentasi, wawancara kepada guru mata pelajaran IPA serta hasil tes hasil belajar kognitif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis uji-t untuk data hasil keterampilan proses sains dan hasil belajar afektif, serta analisis Anakova untuk data hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa perbedaan rerata keterampilan proses sains antara kelas eksperimen sebesar (83,89) dan kelas kontrol sebesar (74,04), dan berdasarkan hasil uji t untuk data keterampilan proses, diketahui bahwa signifikansinya sebesar (0,019). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perlakuan yaitu penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa perbedaan rerata hasil belajar aspek afektif antara kelas eksperimen sebesar (80,58) dan kelas kontrol sebesar (75,38), dan berdasarkan hasil uji t untuk data afektif siswa, diketahui bahwa signifikansinya sebesar (0,225). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nilai afektif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji Anakova pada data hasil pretest dan posttest dapat diketahui bahwa hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan selisih rerata kelas eksperimen (31,3) dan selisih rerata kelas kontrol (25,77) dengan signifikansi sebesar (0,000). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210103066;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPTen_US
dc.subjectKETERAMPILAN PROSES SAINSen_US
dc.subjectIPA-BIOLOGIen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA IPA-BIOLOGI (Kelas VII MTs. Negeri Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2016/2017)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record