Show simple item record

dc.contributor.advisorSUBCHAN, Wachju
dc.contributor.advisorFIKRI, Kamalia
dc.contributor.authorHASANAH, Yusrotul Rizqi
dc.date.accessioned2017-10-26T01:36:23Z
dc.date.available2017-10-26T01:36:23Z
dc.date.issued2017-10-26
dc.identifier.nimNIM120210103110
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82655
dc.description.abstractTemuan fakta ketika dilakukan observasi di kelas VII B MTs Negeri Glenmore nilai siswa pada mata pelajaran biologi terdapat 92,59% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan maksimal yang ditetapkan yaitu 78. Hasil belajar kelas VII B yang masih rendah dikarenakan aktivitas siswa yang masih rendah. Hal tersebut sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan siswa masih melakukan aktivitas lain dalam pembelajaran seperti berbincang-bincang dengan teman sebangku, bercanda dan melamun. Kebanyakan siswa jenuh jika harus menghafal dan memahami pelajaran tanpa adanya variasi, karena pembelajaran biologi lebih menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung. Melihat permasalahan tersebut, perlu adanya perbaikan supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dengan Model Snowball Throwing di kelas VII B MTs Negeri Glenmore. Jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan siklus satu meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tahapan pada siklus berikutnya adalah perencanaan yang sudah direvisi, tindakan, observasi dan refleksi. Demikian untuk siklus berikutnya sampai terjadi peningkatan yang diharapkan tercapai. Terdapat dua siklus pada penelitian ini, tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, yakni 2 pertemuan untuk tatap muka dan 1 kali pertemuan untuk tes akhir siklus. Jika pada siklus I hasil belajar biologi siswa tuntas, maka siklus II akan tetap dilaksanakan sebagai bahan refleksi untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rancangan pembelajaran siklus II yang diterapkan sama dengan siklus sebelumnya namun sudah dilakukan perbaikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar dengan model Snowball Throwing. Peningkatan aktivitas belajar siswa juga terlihat dari rata-rata klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 13,94. Peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus 1 sebesar 40,86 dan ketuntasanya 70,37%, dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 2,74 dan ketuntasanya 7,41%, peningkatan prasiklus ke siklus 2 sebesar 43,6 ketuntasanya 77,78. Peningkatan tertinggi terjadi pada prasiklus ke siklus 2. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dengan Model Snowball Throwing Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VII B.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210103110;
dc.subjectJELAJAH ALAM SEKITAR (JAS)en_US
dc.subjectMODEL SNOWBALL THROWINGen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Kelas VIIB MTs Negeri Glenmore Tahun ajaran 2016/2017)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record