dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan judul “media
pembelajaran ular tangga berbasis android pada pokok bahasan gejala pemanasan
di SMA. Penelitian ini merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi
permasalahan yang ada dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif
yaitu educational games dengan mengikuti teknologi yang berkembang saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak
digunakan, mendeskripsikan validitas media berdasarkan hasil validasi, kepraktisan
berdasarkan aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, keefektifan
berdasarkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini model pengembangan yang
digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang telah melalui tahap
revisi terdiri dari 7 langkah . Media pembelajaran ini dikembangkan dengan desain
tampilan yang berisi 4 fitur yaitu materi pembelajaran, tugas, latihan soal dan
permainan. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes,
dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis kuantitatif dan kualitatif hasil validasi
menunjukkan nilai sebesar 4,5525 dan dinyatakan valid. Kepraktisan ditinjau dari
persentase aktivitas siswa sebesar 87,38% dengan kategori sangat aktif dan
keterlaksanaan penggunaan media dengan peningkatan presentase 89%, 95%, serta
96%. Kefektifan ditinjau dari hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain adalah 0,73.
Secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbasis
Android pada materi gejala pemanasan global di MAN 2 valid, praktis dan efektif
digunakan dalam pembelajaran | en_US |