dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi yang telah
dilakukan, masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan bahasa dalam soal
ulangan akhir semester 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I-VI tahun
pelajaran 2016/2017 Kecamatan Patrang, Jember. Ulangan akhir semester
merupakan bagian dari pembelajaran, sehingga tidak boleh terjadi kesalahan
penggunaan bahasa, karena dapat memberikan dampak yang tidak baik terhadap
pembentukan dan perkembangan bahasa siswa. Kesalahan penggunaan bahasa
Indonesia yang terdapat pada soal ulangan akhir semester 1 mata pelajaran bahasa
Indonesia meliputi penggunaan ejaan, penggunaan kata, dan penggunaan kalimat
efektif.
Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan dalam penelitian ini,
yaitu: (1) bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan ejaan dalam soal ulangan
akhir semester 1 mata pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2016/2017
Kecamatan Patrang, Jember?; (2) bagaimanakah bentuk kesalahan penggunaan
kata dalam soal ulangan akhir semester 1 mata pelajaran bahasa Indonesia tahun
pelajaran 2016/2017 Kecamatan Patrang, Jember?; dan (3) bagaimanakah bentuk
kesalahan penggunaan kalimat dalam soal ulangan akhir semester 1 mata
pelajaran bahasa Indonesia tahun pelajaran 2016/2017 Kecamatan Patrang,
Jember?.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data
adalah soal ulangan akhir semester 1 mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I-VI
SD. Data berupa soal yang diindikasikan salah dalam penggunaan bahasa
Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan
wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3
tahap, yaitu mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpulkan data.
Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa kesalahan
dalam soal ulangan akhir semester 1 bahasa Indonesia kelas I-VI di Kecamatan
Patrang, Jember meliputi: (1) kesalahan penggunaan ejaan terdiri dari kesalahan
penggunaan huruf kapital, huruf kecil, tanda titik (.), tanda seru (!), tanda koma
(,), tanda petik (“), dan garis bawah (_); (2) kesalahan penggunaan kata terdiri dari
kesalahan penggunaan kata pada stem, kata depan, makna kata, dan kata baku; dan
(3) kesalahan penggunaan kalimat efektif terdiri dari kalimat tidak sejajar, kalimat
tidak lengkap, kalimat tidak variasi, dan kalimat tidak hemat.
Adapun saran dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagi mahasiswa Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, sebaiknya banyak membaca mengenai
EYD agar dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam
bahasa tulis ataupun lisan; (2) bagi guru SD Kecamatan Patrang, Jember yang
tergabung sebagai tim penyusun soal, sebaiknya menguasai kaidah penulisan
bahasa Indonesia yang baik dan benar pada soal agar tidak terjadi kesalahankesalahan
terhadap bahasa soal, yang dapat membingungkan siswa dalam
memahami maksud soal; (3) bagi peneliti, penelitian ini dapat memberikan
pengalaman berharga terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku; dan (4) bagi peneliti selanjutnya,
sebaiknya membekali diri dengan pengetahuan secara teori ataupun praktik
tentang kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. | en_US |