Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.advisorGani, Agus Abdul
dc.contributor.authorRahayu, Siti Dwi
dc.date.accessioned2017-10-24T03:55:40Z
dc.date.available2017-10-24T03:55:40Z
dc.date.issued2017-10-24
dc.identifier.nimNIM120210102050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82565
dc.description.abstractPembelajaran fisika tidak hanya memahami teori dan rumus yang ada dalam buku, tetapi perlu pemahaman terhadap konsep fisika yang berkaitan dengan hakikat fisika yaitu terdiri dari produk, sikap dan proses. Pencapaian tujuan pembelajaran dalam kelas bergantung pada interaksi antara guru, siswa dan materi pembelajaran serta media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi kelas secara acak di SMA Negeri Rambipuji sebagian besar siswa mengatakan bahwa fisika itu sulit dipelajari. Siswa menggunakan bahan ajar wajib berupa LKS, tetapi guru kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Hal ini disebabkan karena buku pegangan berupa LKS tersebut sulit dimengerti oleh siswa, materi yang disajikan tidak lengkap, kurang runtut, dan soal yang disajikan terlalu sulit. Bahan ajar penunjang lainnya yaitu buku paket, tetapi 85% siswa menyatakan bahwa buku paket yang digunakan berisi kalimat-kalimat atau paragraf yang panjang dan sulit dipahami, hal ini membuat siswa malas dalam hal membaca buku. Sehingga hasil belajar siswa setelah pembelajaran tergolong masih rendah. Oleh sebab itu, untuk mendukung berjalannya proses pembelajaran sangat diperlukan adanya pengembangan bahan ajar yang lengkap dan ringkas untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep materi yang akan diterimanya. Modul yang akan dikembangkan oleh peneliti berbasis concept mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji validitas modul fisika berbasis concept mapping, (2) mengkaji tingkat pemahaman siswa terhadap modul fisika berbasis concept mapping, serta (3) mengetahui respon siswa. Responden dalam uji pengembangan ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 3 SMA Negeri Rambipuji yang berjumlah 35 orang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di sekolah tersebut. Penentuan responden uji pengembangan dilakukan secara acak yang dilakukan pada tahap analisis siswa dalam desain 4D. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar hasil validasi, soal evaluasi siswa dan angket respon siswa terhadap bahan ajar modul. Berdasarkan hasil validasi oleh dua dosen pendidikan fisika dan satu guru mata pelajaran fisika di SMA bahan ajar ini tergolong valid. Berdasarkan uji coba terbatas bahan ajar ini tergolong dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan kriteria paham. Dari hasil analisis angket respon siswa menyatakan bahwa sebagian besar siswa setuju dengan dipergunakannya mosul fisika berbasis concept mapping pada materi Elastisitas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa 1) Validitas modul fisika berbasis concept mapping mencapai nilai rata-rata 4 dari nilai maksismal 5 sehingga dapat dikatan valid dan dapat digunakan; 2) Tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran menggunakan modul fisika berbasis concept mapping diperoleh nilai rata-rata keseluruhan siswa didapat sebesar 82.65% dengan kategori paham; 3) Respon siswa modul fisika berbasis concept mapping termasuk dalam kategori positif karena sebagian besar siswa merespon positif semua aspek yang dimunculkan dalam angket respon atau dengan kata lain siswa merasa tertarik dengan modul fisika berbasis concept mapping digunakan dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210102050;
dc.subjectModul Fisikaen_US
dc.subjectConcept Mappingen_US
dc.titlePengembangan Modul Fisika Berbasis Concept Mapping Pada Materi Elastisitas Di SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record