Show simple item record

dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.advisorFatahillah, Arif
dc.contributor.authorLestari, Harin Tripuji
dc.date.accessioned2017-10-24T02:04:50Z
dc.date.available2017-10-24T02:04:50Z
dc.date.issued2017-10-24
dc.identifier.nimNIM 130210101030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82544
dc.description.abstractProses berpikir adalah suatu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan. Setiap individu mempunyai cara berpikir yang berbeda-beda. Tak terkecuali anak-anak berkebutuhan khusus. Salah satu anak berkebutuhan khusus yang kurang mendapatkan perhatian adalah anak tuna grahita sedang. Tuna grahita sedang biasa disebut dengan istilah imbesil atau mampu latih. Tingkat kecerdasan tuna grahita sedang perselangan 40-54. Anak tuna grahita sedang memiliki karakteristik fisik yang lebih menampakkan kecacatannnya. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi dasar dari semua ilmu pengetahuan yang lain. Sebagian besar siswa normal menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan susah dipahami karena keabstrakannya. Siswa tuna grahita sedang juga mengalami hal yang sama. Siswa tuna grahita memiliki keterbatasan dalam hal intelektual, sehingga siswa tuna grahita semakin sulit untuk memahami mata pelajaran matematika. Pembelajaran matematika yang sesuai dengan siswa tuna grahita adalah dengan menggunakan benda-benda nyata dan masalah sehari-hari yang terjadi di sekitar mereka. Alat peraga adalah segala sesuatu yang masih bersifat abstrak, kemudian dikonkretkan dengan menggunakan alat agar dapat dijangkau dengan pikiran yang sederhana dan dapat dilihat, dipandang dan dirasakan. Pada awalnya masalah yang diberikan kepada siswa akan membuat siswa mengalami disequilibrium (ketidakseimbangan) dan mendorong siswa untuk melakukan adaptasi yakni akomodasi dan asimilasi sehingga pada akhirnya akan menuju equilibrium (keseimbangan).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSISWA TUNA GRAHITAen_US
dc.titlePROSES BERPIKIR SISWA TUNA GRAHITA SEDANG KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR DI SMPLB-C TPA BALUNGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record