Show simple item record

dc.contributor.advisorMUCHTAR, Imam
dc.contributor.advisorHUTAMA, Surya
dc.contributor.authorMUSYAROFAH, Meliyana
dc.date.accessioned2017-10-23T10:47:25Z
dc.date.available2017-10-23T10:47:25Z
dc.date.issued2017-10-23
dc.identifier.nimNIM130210204024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82522
dc.description.abstractProses pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan pada tiga ranah yaitu ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Peserta didik tidak hanya berpaku pada ranah kognitif, melainkan harus diperhatikan pula pembelajaran yang berkaitan dengan ranah afektif dan ranah psikomotor, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan observasi awal, wawancara, dokumen yang dilakukan di SDN Mumbulsari 01 Jember diketahui bahwa dalam menerapkan pendekatan scientific masih belum optimal, dikarenakan guru kurang melibatkan siswa secara aktif dalam mengajukan pertanyaan, serta penggunaan pendekatan dan media pembelajaran kurang bervariasi. Terkadang siswa juga sulit memahami materi dan tugas yang telah diberikan. Selain itu, aktivitas dan hasil belajar siswa juga berkisar pada kriteria cukup dan kurang. Secara klasikal aktivitas belajar siswa diperoleh skor 38,1 dalam kriteria kurang. Secara klasikal hasil belajar siswa ranah afektif diperoleh skor 58,6 dalam kriteria kurang, ranah kognitif diperoleh skor 66,4 dalam kriteria cukup, dan ranah psikomotor diperoleh skor 64,9 dalam kriteria cukup. Berdasarkan permasalahan diatas maka dilakukan penelitian dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Rumusan masalah dari penelitian tersebut yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema peristiwa alam pada siswa kelas IB SDN Mumbulsari 01 Jember? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual pada tema peristiwa alam dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IB di SDN Mumbulsari 01 Jember. Subjek penelitian siswa kelas IB di SDN Mumbulsari 01 Jember dengan jumlah 28 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, tindakan, observasi, dokumen, dan tes. Tindakan pembelajaran diawali dengan siswa mengamati lingkungan sekolah dan menyebutkan ciri-ciri lingkungan bersih. Dalam pembelajaran guru juga menyajikan media gambar, sehingga siswa dapat mengetahui dampak dan akibat tidak menjaga lingkungan. Kegiatan mengamati lingkungan dan media gambar yang telah disajikan guru dilanjutkan dengan membuat ungkapan terimakasih secara berkelompok serta mempresentasikan jawaban masing-masing kelompok dan mulai untuk menjelaskan materi. Kegiatan dilanjut dengan membuat kerajinan dari bahan alam sesuai kelompok masing-masing yang telah dibentuk oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual berjalan dengan lancar. Siswa menjadi lebih senang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 38,1 dengan kriteria kurang aktif, pada siklus I meningkat menjadi 63,6 dengan kriteria cukup aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 79,7 dengan kriteria aktif. Hasil belajar siswa afektif, kognitif, dan psikomotor pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Aspek afektif siswa prasiklus sebesar 58,6 dengan kriteria kurang baik, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 71 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 80 dengan kriteria sangat baik. Aspek kognitif siswa dalam prasiklus sebesar 66,4 dengan kriteria cukup baik, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 78,4 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 90 dengan kriteria sangat baik. Aspek psikomotor siswa pada prasiklus sebesar 64,9 dengan kriteria cukup, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 71,4 dengan kriteria baik, pada siklus II juga meningkat menjadi 85,7 dengan kriteria sangat baik.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210204024;
dc.subjectPENDEKATAN KONTEKSTUALen_US
dc.subjectMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.subjectSISWA KELAS IB TEMA “PERISTIWA ALAM” DI SDN MUMBULSARI 01 JEMBERen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IB TEMA “PERISTIWA ALAM” DI SDN MUMBULSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record