• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS UNO SMART CARD PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA DI SMK

    Thumbnail
    View/Open
    Alfadilah Cipta Rini 130210102034_.pdf (1.038Mb)
    Date
    2017-10-23
    Author
    RINI, Alfadilah Cipta
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang materi dan energi serta lahir dan berkembang melalui langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan serta penemuan konsep dan teori. Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran fisika diperlukan perangkat pembelajaran yang mendukung, salah satunya adalah media pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (materi pembelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses pembelajaran). Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas X KIA di SMK Negeri 5 Jember, didapatkan informasi bahwa siswa tidak menyukai terhadap pelajaran fisika. Hal ini dikarenakan guru jarang menggunakan media pembelajaran di kelas yang pada akhirnya menyebabkan siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran fisika, siswa merasa bosan di kelas. Selain itu guru juga masih sering menggunakan satu macam metode saja. Hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran di kelas, guru membutuhkan persiapan waktu dan biaya yang banyak. Dengan kata lain pembelajaran masih sering terpusat pada guru sehingga kondisi kelas menjadi tidak kondusif dan siswa kurang mengeksplorasi kemampuan komunikasi di kelas. Berdasarkan uraian di atas, maka dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan suatu media pembelajaran kartu UNO. Sehingga tujuan pada penelitian ini adalah mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dirancang untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develope, Implementation, Evaluation). Instrumen perolehan data yang digunakan yaitu terdiri dari lembar validasi media, lembar penilaian aktivitas siswa berupa lembar observasi, lembar pre-test dan post-test, lembar keterlaksanaan berupa lembar observasi, dan lembar angket respon siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, observasi, tes, dan angket. Data yang didapat adalah validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan, media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 81,33%, efektif dari segi N- gain diperoleh skor 0,75% untuk kelas X KIA 1 dan 0,79 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori tinggi, sedangkan dari segi aktivitas belajar siswa diperoleh skor sebesar 87,71 % untuk kelas X KIA 1 dan 87,87 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori sangat aktif, praktis dari segi keterlaksanaan sebesar 93,33% untuk kelas X KIA 1 dan 93,33 % untuk kelas X KIA 2 dengan kategori tinggi. Sedangkan dari segi respon siswa diperoleh skor sebesar 93,74,71 % untuk kelas X KIA 1 dan 90,12 % untuk kelas X KIA 2 memiliki kriteria respon siswa sangat positif. Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Validitas media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK dikategorikan valid 2) Keefektifan media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK memiliki kriteria tinggi, 3) Media pembelajaran fisika berbasis UNO Smart Card pada pokok bahasan termodinamika di SMK memiliki kriteria kepraktisan tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82507
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository