Show simple item record

dc.contributor.advisorSatrijono, Hari
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorPURNAMASARI, DESY
dc.date.accessioned2017-10-20T07:13:51Z
dc.date.available2017-10-20T07:13:51Z
dc.date.issued2017-10-20
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82408
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia memiliki empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak, keterampilan menulis, keterampilan membaca, dan keterampilan berbicara. Pada kurikulum KTSP pembelajaran bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar terdapat kegiatan menulis karangan deskripsi. Berdasarkan hasil observasi pada 22 November 2016 dengan guru kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi, diperoleh data bahwa kemampuan menulis siswa kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017 kurang optimal. Sebanyak 60% siswa kemampuan menulis karangan deskripsinya belum mencapai nilai maksimum KKM. Siswa masih memiliki kesalahan dalam penulisan yaitu 1) tidak dapat menulis tanda baca yang benar dan sesuai; 2) tidak dapat menulis kalimat dengan runtut; serta 3) tidak dapat menggambarkan objek dalam penulisan isi karangan dengan baik. Berdasarkan gambaran yang ada, maka penggunaan media pembelajaran masih kurang maksimal. Permasalahan yang timbul di lapangan tersebut dapat diatasi dengan di terapkan penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran bahasa Indonesia menulis karangan deskripsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimanakah langkah-langkah penerapan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar seri siswa kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?; 2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis deskripsi menggunakan media gambar seri siswa kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian diantaranya : 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan menulis karangan deskripsi dengan mengunakan media gambar seri siswa kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi; 2) untuk peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa dengan menggunakan media gambar seri siswa kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada SDN Cluring 01 Banyuwangi pada tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 32 siswa, yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan selama penelitian tindakan berlangsung, analisis data kuantitatif digunakan untuk melengkapi data penelitian dalam bentuk pengolahan angka untuk mengetahui presentasi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, maka langkah-langkah penerapan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri yaitu, memberikan penjelasan kembali tentang materi karangan deskripsi, menjelaskan kembali tentang penggunaan tanda baca, dan ejaan, membimbing siswa yang kurang dapat menulis dengan baik, melakukan kegiatan menulis karangan deskripsi, presentasi hasil karangan siswa, dan evaluasi. Peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa pada prasiklus rata-rata keseluruhan 70,56%. Rata-rata skor pada siklus I meningkat menjadi 75,90%, kemudian skor rata-rata meningkat lagi menjadi 80,87%. Kesimpulan penelitian antara lain, kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan media gambar seri menunjukkan peningkatan yang berarti bahwa penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas III A SDN Cluring 01 Banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Adapun saran yang dapat dipertimbangkan pada penelitian ini antara lain, bagi guru dapat dijadikan pilihan pembelajaran lain agar siswa tidak bosan, bagi pihak sekolah dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUANen_US
dc.subjectMEDIA GAMBARen_US
dc.subjectMENULISen_US
dc.subjectDESKRIPSIen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS III A SDN CLURING 01 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record