dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk memperoleh produk berupa LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan di kelas VIII B SMP Argopuro 2 Suci pada waktu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu : 1) analisis kebutuhan; 2) perancangan; 3) pengembangan draf produk; 4) uji coba lapangan; dan 5) revisi hasil uji coba. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar angket validasi, instrumen tes, serta instrumen
lembar angket respon siswa. Teknik perolehan data yang dilakukan ialah teknik validasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik presentase untuk mengetahui validitas LKS yang dikembangkan, teknik presentase untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa setiap indikator, teknik uji N-gain untuk mengukur tingkat berpikir kritis siswa melalui tes, dan teknik percentage of agreement untuk mengukur respon siswa untuk mengetahui kepraktisan LKS. Adapun data yang diperoleh adalah data validasi ahli dan validasi pengguna, data pre test dan post test, serta data respon siswa.
LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi memperoleh rata-rata validasi semua aspek sebesar 86,43% dengan tingkat validitas sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi. Menurut pedoman pengembangan dari BSNP, masing-masing komponen penilaian di atas menunjukkan kesimpulan bahwa LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi telah memenuhi kriteria lolos tanpa direvisi. Nilai rata-rata semua indikator kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 72,99% dengan predikat baik. Nilai rata-rata N-gain yang diperoleh sebesar 0,42 menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kriteria sedang. Berdasarkan kedua nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil rata-rata percentage of agreement respon siswa yang diperoleh dari semua aspek sebesar 85,98% dengan kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi sangat praktis untuk siswa.
Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa, 1) LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP dinyatakan valid untuk digunakan dalam pembelajaran; 2) LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; 3) LKS IPA berbasis kearifan lokal kopi pada pokok bahasan usaha dan energi di SMP praktis digunakan untuk siswa. | en_US |