Show simple item record

dc.contributor.advisorBEKTIARSO, Singgih
dc.contributor.advisorSUPRIADI, Bambang
dc.contributor.authorSHOFIAH, Ria Inayatush
dc.date.accessioned2017-10-20T03:11:25Z
dc.date.available2017-10-20T03:11:25Z
dc.date.issued2017-10-20
dc.identifier.nimNIM130210102039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82382
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian True Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Jumlah kelas ada 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 12 Jember pada tanggal 25 April 2017 sampai 20 Mei 2017 semester genap tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar, retensi siswa dan data pendukung seperti wawancara dan dokumentasi. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa 4 kelas tersebut telah terbukti homogen, dilakukan teknik cluster random sampling dan diambil dua kelas sebagai sampel penelitian. Adapun kelas yang menjadi sampel pada penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B. Data hasil belajar diuji normalitasnya dengan SPSS 17, setelah kelompok data dinyatakan berdistribusi normal. Skor hasil belajar post-test kemudian dianalisis menggunakan Independent Sampel Test. Dari analisis data post-test yang diperoleh, didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,005. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan metode eksperimen. Setelah dilakukan post-test, seminggu kemudian dilakukan tes tunda untuk menguji daya ingat siswa. Skor rata-rata post test dan tes tunda hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 2,78%. Skor rata-rata post test dan tes tunda hasil belajar kognitif siswa pada kelas kontrol mengalami penurunan sebesar 16,6%.. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) dengan metode eksperimen. Serta hasil retensi siswa dengan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan metode eksperimen memiliki daya ingat yang yang lebih tinggi daripada kelas kontrol.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102039;
dc.subjectMODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN)en_US
dc.subjectMETODE EKSPERIMENen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR IPAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN RETENSI SISWA DI SMPen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record