• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (POKOK BAHASAN EKOLOGI KELAS X TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI MAN 1 JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Nurulita Wilujeng - 130210103042_.pdf (3.676Mb)
    Date
    2017-10-20
    Author
    WILUJENG, Nurulita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas X IPA di MAN 1 Jember. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan eksperimen semu pada kelas X IPA 2 (kelas eksperimen) dan X IPA 4 (kelas kontrol) di MAN 1 Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa, keduanya dianalisis menggunakan uji ANAKOVA. Sedangkan hasil belajar afektif dianalisis menggunakan uji T-Test. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 27 April 2017 sampai 5 Mei 2017 dan diperoleh hasil bahwa model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognisi siswa dengan selisih rerata post-test dan pre-test keterampilan metakognisi pada kelas eksperimen sebesar 6,25 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,34. Selain itu juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan selisih rerata post-test dan pre-test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 32,6 dan kelas kontrol sebesar 12,4. Dan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar afektif siswa dengan rerata hasil akhir belajar afektif pada kelas eksperimen sebesar 79,23 dan rerata pada kelas kontrol sebesar 79,88. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa, namun tidak berpengaruh terhadap hasil belajar afektif siswa. Sebelum melaksanakan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), siswa sebaiknya diberi arahan awal mengenai gambaran secara umum. Sehingga pada saat penerapannya dalam pembelajaran siswa tidak mengalami kendala dan pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan mengenai penerapan model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) agar dapat berperan efektif pada materi dan mata pelajaran lain serta mengembangkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82373
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository